Dedy, Miswar (2011) Meningkatkan Penguasaan Penginderaan Jauh Pokok Bahasan Interpretasi Citra Melalui Praktik Laboratorium, Praktik Lapangan, Dan Mengolah Data Pada Mahasiswa Pendidikan Geografi Universitas Lampung. Jurnal Penelitian Kependidikan, 21 (1). pp. 1-92. ISSN 0854-8323

[img]
Preview
Text
Jurnal JPK_2012 April.pdf

Download (332kB) | Preview

Abstract

Mahasiswa mengalami kesulitan terutama penguasaan penginderaan jauh pada pokok bahasan interpretasi citra data penginderaan jauh baik menggunakan foto udara maupun citra satelit. Kesulitan tersebut dihadapi mahasiswa pada saat mereka melakukan Praktik Pengenalan Lapangan (PPL) di sekolah. Siswa lebih banyak bertanya dengan penekanan pada aplikasi penginderaan jauh untuk berbagai tujuan Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penguasaan mahasiswa tentang penginderaan jauh terutama pada pokok bahasan interpretasi citra melalui praktik laboratorium, praktik lapangan, dan mengolah data hasil lapangan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, untuk mahasiswa semester V merupakan subjek dalam penelitian. Penelitian ini yang dilandasi prinsip situational yang berpijak pada realitas di lapangan. Hasil penelitian yang didapatkan pada siklus I bahwa mahasiswa belum memahami penginderaan jauh, hal ini dapat dilihat dari nilai kuis (pre tes I) terdapat 57,14% mahasiswa yang mendapat nilai ≤59, sedangkan yang mendapat nilai ≥70 ada 7,14% dari jumlah mahasiswa 42 orang. Setelah dilakukan kuis (pasca tes I) terdapat 48,72% atau sebanyak 19 mahasiswa yang mendapatkan nilai ≤59, sedang yang mendapatkan nilai ≥70 ada 19,05% atau sebanyak 8 mahasiswa. Pada siklus II dilakukan perbaikan pembelajaran dengan menggunakan praktik interpretasi di laboratorium. Nilai yang diperoleh pada siklus ini adalah 23,81% atau 10 mahasiswa yang mendapatkan nilai ≤59 pada pre tes I, sedang yang mendapatkan nilai ≥70 ada 40,48% atau 17 mahasiswa, dan nilai pasca tes I 0% atau 0 mahasiswa yang nilai ≤59, sedang yang mendapat nilai ≥70 ada 83,33% atau 35 mahasiswa. Simpulan dari penelitian tersebut bahwa penerapan model pembelajaran dengan praktik interpretasi citra dan foto udara dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa dan pembelajaran ini sangat disenangi, terbukti dari angket respon mahasiswa dan hasil belajarnya dan pembelajaran penginderaan jauh dengan praktik interpretasi citra dan foto udara di laboratorium secara intensif merupakan model pembelajaran yang sangat efektif bagi mahasiswa.

Item Type: Article
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Geografi IPS
Depositing User: DEDY MISWAR
Date Deposited: 15 Sep 2017 01:19
Last Modified: 15 Sep 2017 01:19
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/3914

Actions (login required)

View Item View Item