Dedy, Miswar and Yarmaidi, Yarmaidi and Noviyanti, Wulandari (2016) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI MENGGUNAKAN TIPE TWO STAY TWO STRAY. Jurnal Spatial, 16 (2). pp. 58-66. ISSN 1693-1408
|
Text
Jurnal UNJ Spastial_2016.pdf Download (924kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa mata pelajaran geografi dengan penerapan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tiga siklus. subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 1 dan objek penelitiannya adalah model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan teknik tes pada setiap akhir siklus. Analisis data dengan menggunakan persentase aktivitas siswa dan persentase siswa tuntas belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penggunaan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa mata pelajaran geografi dengan pembuatan video kerusakan lingkungan di kelas XI IPS 1 SMA YP Unila Bandar Lampung, (2) penggunaan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran geografi kelas XI IPS 1 di SMA YP Unila Bandar Lampung.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Geografi IPS |
Depositing User: | DEDY MISWAR |
Date Deposited: | 15 Sep 2017 01:18 |
Last Modified: | 15 Sep 2017 01:18 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/3913 |
Actions (login required)
View Item |