Eka Kurniawati, Eka K (2019) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN PENERAPAN BLENDED LEARNING MODELS DI PERGURUAN TINGGI. Internasional Confereance on Islam and Civilization (ICIC) Proceeding book Universitas Negeri Jakarta, 1 (1). pp. 349-354. ISSN 978632-92475-0-8

[img]
Preview
Text
Proceeding ICIC 2019.pdf

Download (8MB) | Preview
Official URL: http://seminars.unj.ac.id/icic/wp-content/uploads/...

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada era milenial telah menyebabkan terjadinya proses perubahan dramatis dalam segala aspek kehidupan, termasuk dibidang pendidikan. Salah satu perubahan dibidang Pendidikan tersebut adalah berubahnya media pembelajaran seprerti, perubahan sumber belajar yang semula mengunakan buku, majalah, surat kabar yang terbuat dari kertas menjadi buku, majalah dan surat kabar elektronik, kemudian berubahnya ruang belajar dalam kelas berupa gedung menjadi ruang belajar dalam kelas dalam interet. Terjadinya perubahan media pembelajaran ini pun akhirnya secara otomatis mau tidak mau menyebabkan menyebabkan terjadinya perubahan pada model pembelajaran dalam dunia Pendidikan. Pada era milenial saat ini pendidikan tetap merupakan sarana strategis untuk merealisasikan sistem nilai, karena melalui proses pendidikan peserta didik diharapkan tidak hanya memperoleh pengetahuan, pemahaman dan keterampilan saja, tetapi juga pembentukan karakter peserta didik perlu mendapatkan perhatian yang serius. Pembentukan karakter ini menjadi sangat penting, karena arus komunikasi dan informasi menggunakan alat elektronik berupa laptop dan gadget saat ini tidak terlalu membawa pengaruh positif bagi peserta didik. Kenyataan ini menuntut lembaga pendidikan mengikuti perkembangan pendidikan dalam arus globalisasi. Hasil dari penelitian yang dapat penulis sampaikan disini adalah bahwa untuk mengikuti perkembangan tekhnologi di era milinial ini perlu dikembangkan sebuah model pembelajaran pembelajaran mata kuliah pendidikan agama Islam berbasis face to face dan online, sehingga penelitian ini diharapkan dapat memberikan konktribusi bagi para tenaga pendidik (dosen) terkait dengan blended learning models mata kuliah Pendidikan Agama Islam di perguruan tinggi. Kata Kunci: blended, Learning, Models, Pendidikan, Islam

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pertanian (FP) > Prodi Agribisnis
Fakultas Pertanian (FP) > Prodi Agronomi dan Hortikultura
Depositing User: Dr. Eka Kurniawati M.Pd.I.
Date Deposited: 27 Jan 2022 01:20
Last Modified: 27 Jan 2022 01:20
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/38432

Actions (login required)

View Item View Item