Faisal, Emil El and Chotimah, Umi and Kurnisar, Kurnisar and Yanzi, Hermi and Setyowati, Rini and Sari, Buna (2021) Penerapan Pembelajaran Berbasis TPACK Terhadap Peningkatan Karakter Rasa Ingin Tahu Peserta Didik di UPT SMK Negeri 1 Ogan Ilir. In: SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN IPS, FKIP Universitas Sriwijaya.

[img]
Preview
Text
237-Article Text-682-1-10-20211226.pdf

Download (326kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran berbasis TPACK (Technological Pedadogical Content Knowledge) terhadap karakter rasa ingin tahu peserta didik di UPT SMK Negeri 1 Ogan Ilir. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI TKJ (Teknik Komputer Jaringan) 2 UPT SMK Negeri 1 Ogan Ilir. Penelitian Ini dilakukan menggunakan metode deskriptif, dengan teknik pengumpulan data observasi dan kuesioner, dengan teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan rasa ingin tahu peserta didik, hal ini dikarenakan setelah diterapkan pembelajaran berbasis TPACK (website, e-book dan video pembelajaran) dalam proses pembelajarannya karakter rasa ingin tahu peserta didik mengalami peningkatan pada pertemuan 1 karakter peserta didik mendapatkan hasil sebesar 15%, kemudian pada pertemuan 2 meningkat menjadi 50%, pada pertemuan 3 mengalami peningkatan kembali menjadi 50,9%, kemudian pada pertemuan 4 mengalami peningkatan yang signifikan sebesar 85%. Dengan demikian pembelajaran berbasis TPACK dapat meningkatkan rasa ingin tahu siswa.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi PPKN
Depositing User: HERMI YANZ
Date Deposited: 13 Jan 2022 09:27
Last Modified: 13 Jan 2022 09:27
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/37861

Actions (login required)

View Item View Item