Febra Anjar Kusuma, Febra and Susilo, Susilo and nurhayati, nurhayati (2021) Penguatan pendidikan karakter peserta didik melalui peraturan pondok pesantren di era 4.0. Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi, 21 (01). pp. 48-52. ISSN 1412-1875
|
Text
Penelitian Pemula Febra Anjar Kusuma.pdf Download (521kB) | Preview |
Abstract
Pada era revolusi industri 4.0 sekarang ini penguatan pendidikan karakter dirasa semakin perlu dilakukan, selain untuk menyeimbangkan perubahan yang memengaruhi perilaku individu, juga menjadi salah satu solusi yang dianggap paling tepat dalam menyikapi permasalahan moral dan perilaku menyimpang. Penelitian ini memberikan penjelasan mengenai bagaimana peran dari implementasi peraturan pondok pesantren dalam membentuk dan memperkuat karakter peserta didik/santri di pondok pesantren Darul A’mal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi peraturan di pondok pesantren Darul A’mal dapat menjadi solusi untuk memperkuat karakter peserta didik/santri yang ada di dalam pondok. Adapun karakter yang dimaksud yakni karakter religius, disiplin, mandiri, dan tanggung jawab
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Karakter Pondok Pesantren Peraturan Pondok |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi PPKN |
Depositing User: | Unnamed user with email febraanjar@fkip.unila.ac.id |
Date Deposited: | 11 Jan 2022 10:13 |
Last Modified: | 11 Jan 2022 10:13 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/37821 |
Actions (login required)
View Item |