Perdana, Dayu Rika and Adha, Muhammad Mona (2020) Implementasi Blended Learning untuk Penguatan Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 8 (2). pp. 89-101. ISSN 2302-433X
|
Text
Implementasi Blended Learning untuk Penguatan Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.pdf Download (241kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan karakter merupakan aspek penting dalam mengembangkan ranah afektif, khususnya bagi generasi penerus bangsa. Artikel ini bertujuan untuk mengambarkan implementasi blended learning untuk penguatan pendidikan karakter pada pembelajaran Pendidikan kewarganegaraan. Penulisan artikel ini menggunakan pendekatan conceptual analysis yang diuraikan secara kualitatif. Analisis konseptual yang diaplikasikan pada kajian artikel ini dimaksudkan untuk menghasilkan konstruksi gambaran yang lebih jelas dan bermakna. Hasil kajian analisis literatur dijelaskan bahwa pendidikan karakter dapat diperkuat melalui proses pembelajaran, yang dalam hal ini melalui blended learning pembelajaran pendidikan kewarganegaraan. Kemandirian dan kedisiplinan mahasiswa di dalam blended learning berhubungan erat bagaimana mahasiswa membiasakan diri untuk terlibat aktif dan menjadi bagian dari penguatan karakter. Intensitas mahasiswa di dalam mengikuti aktivitas blended learning turut dipengaruhi oleh faktor kejujuran, tanggung jawab, kepedulian, dan komunikasi yang saling menghormati satu sama lain di dalam proses tatap muka secara daring.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Unnamed user with email dayurika.perdana@fkip.unila.ac.id |
Date Deposited: | 18 Nov 2021 01:22 |
Last Modified: | 18 Nov 2021 01:22 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/36957 |
Actions (login required)
View Item |