Rosidin, Undang and Andra, Doni PENGEMBANGAN PERANGKAT SOFT SKILLS ASSESSMENT PADA PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DAN BERBASIS MASALAH UNTUK MEMETAKAN KETERAMPILAN KOLABORASI, KOMUNIKASI, DAN KEPEDULIAN SOSIAL PESERTA DIDIK. Undang Rosidin. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
LAPORAN AKHIR PASCASARJANA 25-9 (DIREKTUR PASCA).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah pendidik yang belum mengembangkan perangkat penilaian soft skills pada pembelajaran berbasis proyek dan berbasis masalah untuk mengukur dan memetakan keterampilan komunikasi, kolaborasi dan kepedulian peserta didik. Kemudian, proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dan berbasis masalah bahwa pendidik kesulitan dalam penerapannya. Sehingga dilakukan penelitian ini dengan tujuan untuk mengembangkan perangkat soft skills assessment dalam project based learning dan problem based learning untuk memetakan keterampilan komunikasi, kolaborasi, dan kepedulian sosial peserta didik yang valid dan efektif. Jenis penelitian dan pengembangan yang digunakan merujuk model 4-D yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah mengembangkan produk perangkat soft skills assessment pada pembelajaran berasis proyek dan berbasis masalah untuk memetakan keterampilan komunikasi, kolaborasi, dan kepedulian sosial peserta didik yang valid dan efektif. Soft skills peserta didik tersebut antara lain berinteraksi, berkerjasama, sikap saling peduli, berpikir kritis, kepemimpinan, fleksibilitas, pemecahan masalah, analitis, kreatif, bersemangat, manajemen waktu, motivasi. TKT penelitian direncanakan sampai level 3, yaitu dihasilkan produk perangkat soft skills assessment dalam project based learning dan problem based learning untuk memetakan keterampilan komunikasi, kolaborasi, dan kepedulian sosial peserta didik yang sudah divalidasi dan sudah diuji efektivitasnya pada lapangan.

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Magister Pendidikan Fisika
Depositing User: Dr. Doni Andra S.Pd., M.Sc.
Date Deposited: 13 Nov 2021 02:16
Last Modified: 13 Nov 2021 02:16
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/36561

Actions (login required)

View Item View Item