I Wayan Distrik, I and Chandra Ertikanto, CE and Feriansyah Sesunan, FS (2021) KEPRAKTISAN DAN KEEFEKTIFAN E-LKPD DENGAN 3D PAGEFLIP BERBASIS INQUIRI KREATIF BERORIENTASI HOTS DALAM MENINGKATKAN SELF EFFICACY DAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI. Unila, LPPM Unila. (Submitted)

[img]
Preview
Text
Laporan Remun Penelitian Fakultas 2021.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi kelistrikan dalam belajar online karena materi itu diajarkan secara online melalui tugas tanpa praktik dan interaksi dengan lingkungan belajarnya. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan suatu bahan ajar yang mampu menghadirkan fakta dan phenomena alam yang ditampilkan dalam satu ruang/bahan ajar, yaitu E-LKPD yang ditambatkan pada solf were 3d pageflip dengan paparan materinya mengikuti sintak inquiry kreatif berorientasi keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kepraktisan dan keefektifan E�LKPD dengan 3D pageflip berbasis inquiri kreatif berorientasi HOTS dalam meningkatkan self-efficacy dan kemampuan berkomunikasi. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah the static one group pretest-posttest. Populasi penelitian adalah siswa SMAN 1 Airnaningan, Tanggamus. Sampel penelitian diambil secara cluster ramdom sampling sebanyak dua kelas. Sampel dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan control. Kelompok eksperimen diajar dengan menerapkan E-LKPD dengan 3D pageflip berbasis inquiri kreatif berorientasi HOTS dan kelompok control diajar dengan LKPD yang biasa digunakan disekolah (LKPD berbasis inquari). Data dianalisis secara deskriptif untuk menggambarkan pemahaman self-efficacy dan kemampuan berkomunikasi, sedangkan perbedaan pemahaman self-efficacy dan kemmapuan berkomunikasi antara kelas eksperimen dan control dianalisis menggunakan uji statistik independent sample t-test. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: E-LKPD dengan 3D pageflip berbasis inquiri kreatif berorientasi HOTS praktis digunakan dalam pembelajaran fisika dengan rata-rata keterlaksanaan 87,03 dan respon siswa sangat positif (94,44%). E-LKPD dengan 3D pageflip berbasis inquiri kreatif berorientasi HOTS juga efektif dalam meningkatkan kemampuan self-efficacy dan komunikasi ilmiah dengan n-gain masing-masing 0, 77 dan 0,80 termasuk katagori n-gain tinggi. Kata Kunci: Kepraktisan, keefektifan, self-efficacy, berkomunikas

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Fisika
Depositing User: Dr I Wayan Distrik
Date Deposited: 12 Nov 2021 07:42
Last Modified: 12 Nov 2021 07:42
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/36459

Actions (login required)

View Item View Item