Endang, Ikhtiarti Media Sosial Instagram dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Bahasa Prancis Siswa Kelas XI SMAN 9 Bandarlampung. PRANALA, 4 (1). ISSN 2721-7817

[img] Text
15171

Download (26kB)
Official URL: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/PRANALA/a...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa dalam menulis sebelum dan sesudah menggunakan media sosial Instagram dan efektivitas penggunaan media sosial Instagram dalam meningkatkan keterampilan menulis bahasa Prancis siswa kelas XI SMAN 9 Bandarlampung. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan desain One-Group Pretest-Posttest Design dan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 9 Bandarlampung yang berjumlah 124 siswa, dan sampel penelitiannya adalah siswa kelas XI IPA 5 yang berjumlah 31 siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes esai. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji gain dan uji-t dengan bantuan program SPSS 20. Perolehan hasil analisis untuk nilai rata-rata kemampuan menulis siswa pada saat pretest yaitu sebesar 49,5 yang berada pada kategori kurang, sedangkan posttest sebesar 76,93 yang berada pada kategori baik. Keterampilan menulis siswa mengalami peningkatan sebesar 27,43. Hasil penelitian menunjukan bahwa media sosial Instagram efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis bahasa Prancis siswa.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: M.Pd. Setia Setia
Date Deposited: 12 Nov 2021 07:42
Last Modified: 12 Nov 2021 07:42
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/36440

Actions (login required)

View Item View Item