Nina Yudha Aryanti, Nina Yudha Aryanti and Karomani, Karomani and nurhaida, Ida and Windah, Andi and Maryani, Eri Peningkatan Technological Pedagogical Knowledge Guru Guna Mendukung Budaya Pembelajaran Abad 21 Melalui Workshop Pengintegrasian Teknologi Komunikasi Dan Informasi Dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Project Report. FISIP UNILA. (Submitted)

[img]
Preview
Text
KETUA-NINA (2).pdf

Download (122kB) | Preview

Abstract

Akibat dari pengaruh perkembangan teknologi komunikasi dan informasi serta adanya globalisasi di abad 21 maka terjadilah perubahan yang signifikan dalam segala aspek kehidupan di masyarakat tidak terkecuali dalam dunia pendidikan. Salah satu contoh perubahan dalam dunia pendidikan yang sangat signifikan di abad 21 yakni perubahan dalam budaya belajar mengajar serta tantangan untuk bisa membangun dan menghasilkan lulusan atau peserta didik yang memiliki keterampilan abad 21 (21st Century Skills). Selain itu, ditengah berkembangnya pembelajaran abad 21, dunia telah dilanda wabah Covid-19 yang merubah proses pembelajaran dilakukan dengan sistem daring (online) yang mana hal tersebut menuntut banyak pihak terutama pendidik untuk adaptif dan mumpuni dalam pemanfaatan TIK. Oleh karenanya, kecakapan Technological Pedagogical Knowledge (TPK) bagi para guru merupakan salah satu aspek mendasar dan mendesak agar dapat menghadapi perubahan serta mampu menjawab tantangan pembelajaran dewasa ini. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan workshop peningkatan kompetensi Technological Pedagogical Knowledge (TPK) para guru SD yang ada Kecamatan Ketapang, Kabupaten Lampung Selatan untuk mendukung budaya pembelajaran pada abad 21. Dengan harapan, para guru bisa mengintegrasikan perkembangan TIK serta menjalankan tugas dan tanggungjawabnya sebagai pendidik dalam proses belajar mengajar pada era pandemik Covid-19 dan budaya pembelajaran abad 21. Sehingga, dapat meningkatkan kualitas layanan pendidikan bagi peserta didik serta bisa menjawab tantangan pembelajaran pada abad 21 yakni menghasilkan lulusan/sumber daya manusia yang memiliki 21st Century Skills. Kaitannya dengan pembahasan hasil kegiatan workshop dalam rangka pengabdian kepada masyarakat maka terjadi peningkatan kompetensi yang cukup dari para peserta tentang Technological Pedagogical Knowledge (TPK). Hal tersebut dapat terlihat dari hasil pre test yang dilakukan sebelum diberikan materi yaitu mendapatkan nilai rata-rata 32 dan hasil post test meningkat menjadi 73. Selain itu, peningkatan tersebut juga tergambar dari keberhasilan para peserta dalam menyelesaikan tugas yang diberikan dengan baik. Dari hasil tersebut bisa disimpulkan bahwa secara umum pemahaman para peserta mengalami peningkatan rata-rata sebesar 41 poin/skor. Dengan demikian, kegiatan pengabdian ini dinilai berhasil memberikan kontribusi yang cukup penting dan berarti dalam meningkatkan kompetensi bagi para guru khususnya pada Technological Pedagogical Knowledge (TPK).

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) > Prodi Komunikasi
Depositing User: Andi Windah, S.I.Kom, MComn&MediaSt
Date Deposited: 12 Nov 2021 00:56
Last Modified: 12 Nov 2021 00:56
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/36310

Actions (login required)

View Item View Item