Pujiati, P and Nurdin, Nurdin and Rufaidah, E (2021) ANALISIS CRITICAL THINKING MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI UNVERSITAS LAMPUNG SELAMA MENERAPKAN PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19. FKIP Universitas Lampung. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Laporan Penelitian Dr. Pujiati, M.Pd._compressed.pdf

Download (942kB) | Preview

Abstract

Era revolusi Industri 4.0 mensyaratkan berbagai kompetensi dan skills untuk dapat survive dan sukses yang dibutuhkan di era global. Masalah dalam peneltiian ini adalah belum optimalnya critical thinking mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis critical thinking mahasiswa selama menerapkan pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. Riset ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dan sampel mencakup seluruh mahasiswa aktif program studi pendidikan ekonomi FKIP Universitas Lampung dari angkatan 2018-2020 yang berjumlah 213 orang. Data dikumpulkan melalui angket. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Melalui riset ini diperoleh simpulan bahwa critical thinking mahsiswa program studi Pendidikan Ekonomi Universitas Lampung sudah baik meskipun pembelajaran dilaksanakan secara daring, hal ini diindikasikan pada sejumlah indicator critical thinking yang telah dicapai dengan baik dan direspon positif. Selain itu juga pembelajaran daring berjalan dengan baik meskipun diperlukan support kuota dan konektifitas serta kapasitas ponsel yang besar untuk menyimpan file pembelajaran oleh mahasiswa. Melalui riset ini telah diperoleh database mahasiswa program studi pendidikan Ekonomi Universitas Lampung pemetaan indicator critical thinking selama pembelajaran daring di masa pandemi covid-19 yang berguna dalam memetakan daya saing lulusan di masa yang akan datang. Kata Kunci: critical thinking, pembelajaran daring

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Depositing User: PUJIATI P
Date Deposited: 12 Nov 2021 00:55
Last Modified: 12 Nov 2021 00:55
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/36288

Actions (login required)

View Item View Item