Maulina, Dina and Widyastuti, Widyastuti (2021) KAJIAN PENGUATAN INTRINSIK DAN INTERAKSINYA DENGAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS DAN MATEMATIS DITINJAU DARI SELF-EFFICACY SISWA JENJANG SMP DI KOTA BANDAR LAMPUNG ERA PANDEMI COVID-19. [Experiment] (Unpublished)

[img]
Preview
Text
LAPORAN_DINA MAULINA_FKIP_PDP_2021.pdf

Download (644kB) | Preview

Abstract

Pandemi Covid-19 telah memberi imbas pada berbagai aspek kehidupan termasuk pendidikan. Ranah personal peserta didik secara langsung dan tidak langsung mengalami perubahan signifikan dengan adanya perubahan rapid keterlibatan dan suasana belajar yang dihadapi siswa. Literasi telah menjadi fokus kajian pengembangan pendidikan secara nasional. Melalui beragam pengukuran internasional serta program pemerintah terkait literasi baik literasi matematis maupun sains, menandakan pentingnya kemampuan tersebut untuk dimiliki oleh peserta didik. Tidak hanya itu, self-efficacy sebagai salah satu faktor intrinsik penentu keberhasilan individu dalam menyelesaikan suatu tugas tertentu juga turut menjadi perhatian pengukuran internasional seperti PISA. Untuk itu, diperlukan suatu kajian penguatan intrinsik dan dilihat interaksinya dengan kemampuan literasi sains dan matematis ditinjau dari self-efficacy siswa. Kajian ini perlu dilakukan terhadap siswa pada jenjang SMP mengingat karakteristik perkembangan individu peserta didik yang masih berada pada fase pemantapan jati diri. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP di provinsi Lampung pada tahun ajaran 2020/2021. Sampel dalam penelitian ini akan dipilih dengan mengkombinasikan teknik sampling stratified dan cluster random sampling sehingga diperoleh sampel representatif. Data penelitian ini akan diperoleh dari instrumen tes literasi sains, tes literasi matematis, skala self-efficacy dan kuesioner penguatan intrinsik. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan juga inferensial. Data setiap variabel akan ditentukan kategori dan profilnya secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan literasi sains dan matematika di kota Bandar Lampung selama pelaksanaan pembelajaran daring di Era Pandemi Covid-19 masih tergolong rendah. Penguatan intrinsik siswa SMP di Bandar Lampung selama pembelajaran Online berpengaruh terhadap tingkat kemampuan literasi sains dan matematis. Self-efficacy. Penguatan intrinsik siswa SMP di Kota Bandar Lampung menjadi faktor penentu peningkatan kemampuan Literasi Sains dan Matematis.

Item Type: Experiment
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: DINA MAULINA
Date Deposited: 11 Nov 2021 04:56
Last Modified: 11 Nov 2021 04:56
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/35995

Actions (login required)

View Item View Item