DRUPADI, RIZKY DRUPADI and Syafrudin, Ulwan (2021) Peran Orang Tua Dalam Proses Penyesuaian Diri Anak Usia Dini Terhadap Kegiatan Pembelajaran Di Rumah. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 7 (2). pp. 149-160. ISSN P-ISSN: 2599-0438; E-ISSN: 2599-042X

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text
4237.pdf

Download (218kB) | Preview
Official URL: http://103.114.35.30/index.php/Pedagogi/article/vi...

Abstract

Peran orang tua sangat diperlukan selama proses kegiatan pembelajaran anak di rumah, yaitu memberikan edukasi kepada anak-anaknya supaya memahami tentang pandemi yang sedang mewabah saat ini. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam proses penyesuaian diri anak usia dini terhadap kegiatan pembelajaran di rumah. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa orang tua berperan terhadap penerapan pembelajaran di rumah pada masa pandemi dalam mendidik anak meliputi pendampingan dan sebagai motivator. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa peran orang tua dalam penyesuaian diri anak perlu ditingkatkan supaya anak dapat lebih optimal dalam mengikuti kegiatan pembelajaran di rumah.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan PG-PAUD
Depositing User: M.Pd. Ulwan Syafrudin
Date Deposited: 11 Nov 2021 01:11
Last Modified: 11 Nov 2021 01:11
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/35810

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item