Yolida, Berti and Priadi, Median. A (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERIMBING BERBASIS KEARIFAN LOKAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI BIOTEKNOLOGI. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 9 (2). pp. 38-48. ISSN 2621-5594

[img]
Preview
Text
22772-55141-1-PB(2).pdf

Download (458kB) | Preview
[img] Text
22772 - Published Version

Download (28kB)
Official URL: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/index

Abstract

This study aims to determine the effect of local wisdom-based guided inquiry learning models on students' creative thinking skill. The design in this research used a pretest-posttest non-equivalent control grup. The sample of this research was students of class IX E dan IX F which were sampled from the population in a cluster random sampling manner. Data in this research were quantitatif data obtained fromnthe average pretest, posttest, and N-gain values which were then statistically analyzed using the t test at 5% confidence level through the SPSS 17. The results showed that the creative thinking skill of experimental class students obtained good criteria with an average acquisition of 58.9 and it is known that the significance value at sig. (2-tailed) <0.05 which means that there is a significant influence on the experimental class. Thus, learning using guided inquiry models based on local wisdom influences students' creative thinking skill. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis kearifan lokal terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Desain dalam penelitian ini menggunakan pretest-posttest non-equivalent control grup. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas IX E dan IX F yang dicuplik dari populasi secara cluster random sampling. Data dalam penelitian ini berupa data kuantiatif yang diperoleh dari rata-rata nilai pretest, posttest dan N-gain yang kemudian dianalisis secara statistik menggunakan uji t pada taraf kepercayaan 5% melalui program SPSS 17. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas eksperimen diperoleh kriteria baik dengan perolehan rata-rata sebesar 58,9 dan diketahui bahwa nilai signifikansi pada sig. (2-tailed) <0,05 yang artinya terdapat pengaruh signifikan pada kelas eksperimen. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan model inkuiri terbimbing berbasis kearifan lokal berpengaruh terhap kemampuan berpikir kreatif peserta didik.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: BERTI YOLI Berti Yolida
Date Deposited: 03 Nov 2021 01:34
Last Modified: 03 Nov 2021 01:34
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/34891

Actions (login required)

View Item View Item