Andi, Windah NEW SOCIAL MEDIA AND PUBLIC RELATIONS: REVIEW OF THE MEDIUM THEORY. Sosiologi: Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Sosial dan Budaya. ISSN 1411-0040
|
Text
1. Andi Windah_2012.pdf Download (197kB) | Preview |
Abstract
Sosiologi: Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Sosial dan Budaya Open Journal Systems Journal Help User Username Password Remember me Notifications View Subscribe Journal Content Search Browse By Issue By Author By Title Other Journals Font Size Make font size smaller Make font size default Make font size larger Information For Readers For Authors For Librarians Home About Login Register Search Current Archives Home > Vol 14, No 1 (2012) > Windah NEW SOCIAL MEDIA AND PUBLIC RELATIONS: REVIEW OF THE MEDIUM THEORY Andi Windah Abstract Media telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dengan masyarakat. Integrasi ini membawa berbagai perubahan kepada kedua belah pihak mengingat interaksi yang terjalin di antara keduanya. Salah satu perubahan yang mendasar adalah bagaimana media telah membawa sudut pandang baru bagi masyarakat dalam menjalani kehidupannya sehari-hari. Bila dikaji dari sejarah, kondisi ini sebenarnya sudah terjadi sedari media itu ditemukan untuk pertama kalinya. Gagasan bahwa media adalah sebuah lingkungan yang mampu mendorong inovasi bahkan revolusi sebagaimana yang dicetuskan oleh para ahli teori medium. Artikel ini menilik lebih jauh mengenai keberadaan teori medium dengan menggunakan metode studi literatur dan contoh aplikasinya yakni melalui keberadaan media sosial dan implikasi penggunaan media sosial dalam praktek kehumasan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan praktis dengan menekankan pada pembahasan deskriptif. Dari hasil pembahasan, ditemukan bahwa teori medium berakar pada konsep keberadaan media sebagai sebuah lingkungan yang mampu membawa pengaruh dan perubahan kepada kehidupan manusia. Misalnya aktivitas dalam media sosial semakin mempengaruhi kehidupan di luar media sosial, dengan contoh kasus pemilihan Presiden Barack Obama pada tahun 2008.Kehadiran media sosial juga memciptakan banyak peluang baru bagi praktek di dunia kehumasan, misalnya munculnya profesi kehumasan yang khusus mengelola image perusahaan melalui dunia maya.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) > Prodi Komunikasi |
Depositing User: | Andi Windah, S.I.Kom, MComn&MediaSt |
Date Deposited: | 12 Jun 2017 02:23 |
Last Modified: | 12 Jun 2017 02:23 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/3402 |
Actions (login required)
View Item |