Rhosita, Rhosita and Adha, Muhammad Mona and Hartino, Ahman Tosy and Ulpa, Eska Prawisudawati and Rifai, Ahmad (2021) PEMBELAJARAN DARING: URGENSI MENINGKATKAN CIVIC COMPETENCE MAHASISWA DITENGAH ERA SOCIETY 5.0. In: Seminar Nasional Virtual Pendidikan Kewarganegaraan 2021 "Respons Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Juli 2021, Solo.

[img]
Preview
Text
PROSIDING SEMNAS (1) Rhosita.pdf

Download (114kB) | Preview
Official URL: https://ppkn.fkip.uns.ac.id/seminar-nasional-ppkn-...

Abstract

Pandemik global yang saat ini dirasakan hampir diseluruh dunia membuat banyak hal yang seharusnya dilaksanakan secara langsung menjadi dalam jaringan/e-learning, hal ini tentu membuat banyak bidang dalam pemerintahan merasa kesulitan, termasuk tak lain adalah Pendidikan, dengan melaksanakan pendidikan tentunya diharapkan sebagai calon pendidik yang profesional juga sebelumnya dilatih terlebih dahulu dan diasah kembali kompetensi yang dimiliki, seperti halnya civic knowledge, civic skill, civic disposisition yang tentunya dibutuhkan sebagai calon pendidik. saat pendidikan dilaksanakan secara e-learning membuat mahasiswa merasa sangat kesulitan saat melaksanakan perkuliahan yang seharusnya dilaksanakan menggunakan praktik atau turun langsung ke lapangan, menjadi dilaksanakan secara online, dengan menggunakan video maupun menggunakan aplikasi Zoom atau sejenisnya. Pada pembelajaran daring sering sekali ditutuntut agar lebih termotivasi karena dalam lingkungan belajar biasanya lebih bergantung pada motivasi dan lebih ke karakteristik terkait dari adanya rasa ingin tahu dan pengaturan pada diri unuk lebih melibatkan pada proses pembelajaran. Namun dalam faktanya, teknologi itu sendiri lebih dipandang oleh sebagian orang sebagai komunikasi yang memberian sejumlah kokualitas yang diakui dan penting untuk menumbuhkan motivasi secara instrinsik karena lebih memberikan adanya sejumlah kualitas yang diakui penting dalam menumbuhkan adanya motivasi intrinsik yaitu adanya tantangan, rasa keingintahuan, kebaruan dan fantasi, dan motivasi dianggap sebagai faktor yang penting untuk mencapai keerhasilan belajar termasuk dalam lingkungan belajar daring pada saat ini, sehingga perlu mempertimbangkan kembali mengenai motivasi belajar pada lingkungan belajar yang lebih memanfaatkan pada teknologi,dengan adanya alasan tersebut maka lebih penting bagi para penelitidalam dunia pendidikan untuk lebih mengkaji secara mendalam tentang bagaimana dari motivasi mahasiswa dalam pembelajaran daring terlebih dalam kegiatan pembelajarannya yang dilakukan selama adanya masa Pandemik Covid-19

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi PPKN
Depositing User: Mr Muhammad Mona Adha
Date Deposited: 26 Aug 2021 13:09
Last Modified: 26 Aug 2021 13:09
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/33644

Actions (login required)

View Item View Item