Muhammad Fuad, Muhammad Fuad and Eko Suyanto, ES (2021) Pengembangan modul pembelajaran menulis teks berita berbasis metode karyawisata. AKSARA: Jurnal Bahasa dan Sastra, 22 (1). pp. 54-57. ISSN P-ISSN: 1411-2051 / E-ISSN: 2620-3928

[img]
Preview
Text (Artikel)
9. 22011-53087-1-PB.pdf

Download (975kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Reviewer)
9.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/aksara/ar...

Abstract

Menulis merupakan kegiatan yang membutuhkan kerja sama antara seluruh indra dan pikiran untuk menghasilkan informasi yang benar. Khusus dalam menulis berita, terdapat kaidah-kaidah yang harus dipatuhi agar tulisan yang dibuat memiliki nilai berita, di antaranya, unsur 5W + 1H. Permasalahan penelitian ini adalah siswa belum mampu menulis teks berita karena kurangnya sumber belajar yang memadai. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar berupa modul menulis teks berita yang berbasis metode karyawisata. Penelitian ini dilakukan dengan model pengembangan Borg & Gall yang mencakup tiga langkah, yaitu (1) penelitian pendahuluan, (2) pengembangan dan validasi, dan (3) uji coba dan revisi. Penelitian ini melibatkan sejumlah siswa dan guru yang berasal dari tiga Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung. Dengan modul hasil pengembangan yang telah divalidasi oleh ahli materi, ahli media, dan praktisi, peneliti melakukan uji coba. Selain itu, dengan desain one group pretest posttest peneliti mengolah data perbedaan nilai siswa sebelum dan setelah penggunaan modul pembelajaran menulis teks berita hasil pengembangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan dapat menjawab tantangan belajar siswa dalam mengembangkan keterampilan menulis teks berita. Dengan penerapan metode karyawisata, siswa dapat mengelaborasi hasil observasi dengan pancaindra dan pikiran mereka untuk menulis teks berita

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia
Depositing User: MUHAMMAD F MUHAMMAD FUAD
Date Deposited: 05 Aug 2021 09:08
Last Modified: 05 Aug 2021 09:08
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/33331

Actions (login required)

View Item View Item