Ardiansyah, Ardiansyah and Habibi, Habibi and Sakethi, Dwi and Irawati, Anie Rose (2021) SIMIPA Modul Orang Tua Sebagai Media Pemantauan Perkuliahan Mahasiswa oleh Orang Tua/Wali. Kumpulan Jurnal Ilmu Komputer (KLIK), 8 (1). pp. 84-98. ISSN 2406-7857

[img]
Preview
Text
Jurnal-Klik-Vol8-No1-2021.pdf

Download (682kB) | Preview
Official URL: http://klik.ulm.ac.id/index.php/klik/index

Abstract

Kualitas mahasiswa merupakan salah satu tolak ukur suksesnya suatu sistem pendidikan. Mahasiswa yang berkualitas harus didukung oleh banyak faktor, terutama dukungan dari orang-orang terdekat yang dapat meningkatkan semangat mahasiswa. Orang tua/wali merupakan salah satu orang yang paling dekat dengan mahasiswa. Seharusnya orang tua/wali dapat memantau kegiatan perkuliahan anaknya, sehingga orang tua/wali tersebut mampu memberikan arahan yang sesuai dan semangat terhadap anaknya. Namun, saat ini tidak ada media khusus yang menyediakan akses data perkuliahan secara detail, sehingga banyak mahasiswa yang menutupi kegiatan perkuliahannya yang akan berdampak pada kualitas mahasiswa itu sendiri. Oleh sebab itu, penelitian ini mengembangkan SIMIPA modul orang tua sebagai solusi terhadap permasalahan tersebut. SIMIPA Modul Orang Tua merupakan aplikasi berbasis Android sebagai media pemantauan kegiatan perkuliahan mahasiswa oleh orang tua. Aplikasi ini memberikan akses informasi perkuliahan mahasiswa yang dapat dilihat melalui akun orang tua. Pengembangan aplikasi ini menggunakan metode scrum. Pengujian aplikasi dalam penelitian ini menggunakan user acceptance testing (UAT). Aplikasi SIMIPA Modul Orang Tua sudah masuk kategori diterima oleh calon pengguna dengan score rata-rata 4.12 (memuaskan).

Item Type: Article
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Prodi Ilmu Komputer
Depositing User: Ardiansyah
Date Deposited: 05 Aug 2021 09:07
Last Modified: 05 Aug 2021 09:07
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/33315

Actions (login required)

View Item View Item