rochmiyati, rochmiyati (2015) ASESMEN PADA KURIKULUM 2013. In: PERANAN ASESMEN DAN UJIAN DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN NASIONAL, 5-7 juni 2015, sulawesi selatan.

[img] Text
prosiding makasar.docx

Download (15MB)
Official URL: https://fdokumen.com/document/prosiding-konferensi...

Abstract

Tujuan penelitian ini ingin mengetahui bagaimana implementasi asesmen sikap sosial pada Kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang disajikan dalam bentuk kata verbal dimulai dari menuliskan data yang dikumpulkan, mengedit, mengklasifikasi mereduksi dan menyajikan. Metode peneltian dilakukan dengan wawancara dan observasi secara informal dengan pertanyaan terbuka dan subyek bebas menjawab mengenai implementasi asesmen pada kompetensi sikap sosial, pada sekolah dasar yang sudah melaksanakan Kurikulum 2013. Adapun subyek penelitian terdiri dari 10 orang guru kelas IV sekolah dasar yang sudah melaksanakan Kurikulum 2013 dan pernah memperoleh pelatihan asesmen yang diterapkan pada Kurikulum 2013. Analisis data mengadaptasi Miles dan Huberman Model 4 yaitu mendeskripsikan pendapat, sikap dan kemampuan guru mengenai asesmen sikap sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi asesmen, khususnya asesmen sikap sosial sebagian sudah berjalan, tetapi masih perlu perbaikan. Adapun pendapat dan sikap guru pada sekolah yang sudah menerapkan Kurikulum 2013 menyatakan setuju melakukan asesmen sikap sosial. Kemampuan guru dalam melaksanakan asesmen sikap sosial dapat dikatakan cukup dan berusaha melakukan perbaikan. Keywords : asesmen, kurikulum 2013

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Magister Keguruan Guru SD
Depositing User: ROCHMIYATI
Date Deposited: 12 Jul 2021 07:10
Last Modified: 12 Jul 2021 07:10
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/33220

Actions (login required)

View Item View Item