Bujang Rahman, Rahman and rochmiyati, rochmiyati (2014) IMPLEMENTASI ASESMEN PORTOFOLIO PADA AKREDITASI SEKOLAH DASAR. In: PROSIDING KONFERENSI ILMIAH TAHUNAN HIMPUNAN EVALUASI PENDIDIKAN INDONESIA (HEPI) TAHUN 2014 REVIEWER, 18-20 SEPTEMBER 2014, BALI.
|
Text
IMPLEMENTASI_ASESMEN_PORTOFOLIO_PADA_AKREDITASI_SE.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan menggali informasi bagaimana implementasi asesmen portofolio pada akreditasi sebagai bahan kaji ulang pelaksanaan dan pembinaan melalui akreditasi Sekolah Dasar (SD). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologis data berupa kata-kata, kalimat, dan dokumen dan tidak dimanipulasi. Subyek penelitian adalah Kepala SD Negeri dan Swasta yang dipilih secara acak dengan katagori sekolah inti dan sekolah imbas. Data hasil wawancara dan dokumen, secara berkelanjutan dengan analisis induktif berdasarkan pengelompokan indikator dan klasifikasi. Hasil penelitian menunjukkan, SD Negeri dan SD Swasta Inti menyatakan sangat mudah memenuhi persyaratan akreditasi dengan menggunakan model asesmen portofolio, karena Kepala Sekolah dan Stat memahami butir-butir portofolio sehingga persiapan dapat dilakukan sebelum penilaian akreditasi. SD Negeri dan SD Swasta lmbas menyatakan kurang dapat memenuhi persyaratan akrediatasi, meskipun menyatakan mudah memahami butir-butir porto folio oleh Kepala Sekolah, tetapi sebagian besar guru dan stat kurang memahami. Penugasan peningkatan kualitas guru dan stat oleh Dinas Pendidikan cenderung diberikan pada SD Negeri Inti. SD Swasta Inti dan lmbas merasa perlu memiliki kualifikasi akreditasi sangat baik (A) guna meningkatkan satatus dan kepercayaan masyarakat kepada sekolah.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Magister Keguruan Guru SD |
Depositing User: | ROCHMIYATI |
Date Deposited: | 09 Jul 2021 07:13 |
Last Modified: | 09 Jul 2021 07:13 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/33123 |
Actions (login required)
View Item |