Indah Listiana, IL and Murniati, Ktut and Abdul Mutolib, Mutolib, Abdul and Helvi Yanfika, HY (2021) Pelayanan dan Manfaat Koperasi serta Pengaruhnya terhadap Partisipasi Anggota (Studi Kasus pada Koperasi Jurai Siwo Ragem Kota Metro). Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis (JEPA), 5 (1). pp. 168-179. ISSN 2614-4670 (p), 2598-8174 (e)

[img]
Preview
Text
600-2527-1-PB.pdf

Download (358kB) | Preview
Official URL: https://jepa.ub.ac.id/index.php/jepa/article/view/...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan pada Koperasi Jurai Siwo Ragem, menganalisis manfaat Koperasi dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan manfaat koperasi terhadap partisipasi anggota Koperas yang dilaksanakan di Koperasi Jurai Siwo Ragem. Pengambilan data dilaksanakan pada bulan Juli-Agustus 2019. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatifi dengan informan dan responden penelitian sebanyak 12 orang yang merupakan pengurus dan anggota koperasi. Data yang digunakan terdiri atas data primer dan data sekunder. Data dianalisis dengan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan tabulasi. Pelayanan Koperasi Jurai Siwo Ragem Metro dinilai berdasarkan persepsi anggota koperasi. Penilaian didasarkan pada 5 (lima) aspek yang meliputi (1) aspek tampilan fisik (tangibles), (2) aspek keterandalan (realibilities), (3) aspek daya tanggap (esponsiveness), (4) kemampuan dalam memberikan jaminan (assurance), dan (5) aspek kemampuan memberikan perhatian personal (emphaty). Secara umum pelayanan Koperasi dinilai cukup memuaskan hingga sangat memuaskan. Anggota koperasi Jurai Siwo Ragem memperoleh manfaat ekonomi dan non-ekonomi. Bentuk manfaat yang dirasakan anggota diantaranya anggota memiliki tempat untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga dan memiliki lembaga simpan pinjam untuk memenuhi kebutuhannya. Anggota Koperasi Jurai Siwo Ragem Metro menilai manfaat pada kategori memuaskan dan sangat. Patisipasi anggota Koperasi Jurai Siwo Ragem Kota Metro terbagi atas 3 (tiga) hal yaitu: 1) Hadir dalam Rapat Anggota Tahunan, 2) Pembayaran simpanan yang meliputi simpanan pokok, simpanan wajib, dan simpanan lain, 3) Pemanfaatan pelayanan pada unit usaha simpan pinjam dan pengadaan barang serta jasa. Partisipasi anggota koperasi dipengaruhi kualitas layanan dan manfaatan yang diterima anggota koperasi.

Item Type: Article
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian (FP) > Prodi Penyuluhan Pertanian
Depositing User: Dr Helvi Yanfika
Date Deposited: 17 Jun 2021 08:04
Last Modified: 17 Jun 2021 08:04
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/32621

Actions (login required)

View Item View Item