Rohimah, Rohimah and Riswandi, Riswandi and Helmy Fitriawan, HF (2020) Pengembangan Media Pembelajaran Informatika Melalui E-Learning untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Kajian Tenologi Pendidikan, 03 (03). pp. 330-339. ISSN 2615-8787

WarningThere is a more recent version of this item available.
[img]
Preview
Text
13634-45717-1-PB.pdf

Download (837kB) | Preview
Official URL: http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/vi...

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran melalui e-learning yang memudahkan siswa kelas x di SMAN 1 Pagelaran dalam memahami konsep algoritma dan pemrograman yang selama ini menjadi masalah bagi siswa karena metode pembelajaran yang belum tepat dan belum memanfaatkan sumber belajar yang ada. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) yang dikembangkan oleh Sugiyono, penelitian ini dilakukan hanya sampai pada 6 tahap yaitu: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba produk. Pada uji validasi ahli media mendapat nilai rata-rata 3,46 dengan keterangan media layak, dan pada hasil pengujian oleh ahli materi rata-rata 3,58 dikatakan bahwa materi layak untuk digunakan, pada uji kemenarikan elearning yang dilakukan kepada 10 responden terdiri dari siswa dan guru mendapat nilai rata-rata 88% menunjukkan klasifikasi bahwa media e-learning sangat menarik digunakan untuk meningkatkan berpikir kreatif siswa dalam mata pelajatan informatika pada materi algoritma dan pemrograman. Abstract: The purpose of this research is to develop learning media through e-learning that makes it easy for students of class X at SMAN 1 Pagelaran to understand the concepts of algorithms and programming that have been a problem for students because of the learning methods that are not appropriate and do not utilize existing learning resources. The method used in this development is Research and Development (R&D) developed by Sugiyono, this research only reached 6 stages: potential and problems, data collection, product design, design validation, design improvement, product trials. In the media expert validation test the average value of 3.46 with media information is appropriate to use, and the results of testing by material experts on average 3.58 said that the material is suitable for use in the product interesting test conducted on 10 respondents consisting of students and teachers got an average value of 88% shows the classification e-learning media is very interesting to be used to improve students' creative thinking on informatics subjects on algorithmic and programming.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: RISWANDI DR., M.PD
Date Deposited: 08 Jun 2021 16:19
Last Modified: 08 Jun 2021 16:19
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/32341

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item