pebrianto, pebrianto and Herpratiwi, Herpratiwi and Helmy Fitriawan, HF Pengembangan Multimedia Pembelajaran Hari Raya Agama Buddha di Sekolah Minggu Buddhis Bodhisattva. edukatif: jurnal ilmu pendidikan. ISSN 2656-8071

[img]
Preview
Text
556-2076-1-PB (1).pdf

Download (959kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan multimedia materi hari raya agama buddha kelas VI Sekolah minggu buddhis. Pengembangan nultimedia dilatar belakangi oleh kebutuhan peserta didik dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Jenis kajian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development/R&D). Tahapan utama dalam penelitian dan pengembangan ini adalah (1) pengumpulan informasi dan penelitian pendahuluan; (2) perencanaan; (3) pengembangan produk; (4) pengujian terbatas, dan (5) revisi produk akhir. Populasi dalam penelitian ini adalah pendidik kelas VI Sekolah minggu buddhis Bodhisattva Bandar Lampung. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel penelitian adalah 5 (lima) guru dan 5 (lima) peserta didik kelas VI SMB Bodhisattva Bandar Lampung. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket. Data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa pengembangan materi multimedia materi hari raya Agama Buddha di Sekolah minggu buddhis bodhisattva layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Hal tersebut berdasarkan hasil validasi ahli materi sebesar 78,10%, hasil validasi ahli desain sebesar 80,00%, hasil validasi ahli media sebesar 79,50%, hasil tanggapan kepada guru sebesar 83,71% dan hasil tanggapan peserta didik sebesar 84,28%.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Magister Teknologi Pendidikan
Depositing User: HERPRATIWI
Date Deposited: 08 Jun 2021 16:18
Last Modified: 08 Jun 2021 16:18
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/32336

Actions (login required)

View Item View Item