Tenggono, Calvien Muttaqien and Sulistyarini, Dhanik (2016) Analisis Semiotika Pesan Moral Dalam Iklan Rokok Sampoerna A Mild "Go Ahead" di Media Televisi. In: Seminar Nasional Komunikasi "Akselerasi Pembangunan Masyarakat Lokal Melalui Komunikasi dan Teknologi Informasi", 17 Oktober 2016, Bandarlampung.

[img] Text (Proceeding of a Conference on Communication)
archive - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5kB)
[img]
Preview
Text
prosiding semnas kom.pdf

Download (490kB) | Preview
Official URL: http://jurnal.fisip.unila.ac.id/index.php/prosidin...

Abstract

Iklan rokok A Mild yang tidak bisa dengan bebas menampilkan produknya, mencari cara lain yang lebih kreatif untuk menampilkan produknya agar dapat menarik perhatian khalayak, salah satunya dengan mengemas pesan moral pada iklannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pesan moral yang terkandung dalam ketiga versi iklan Sampoerna A Mild "Go Ahead". Peneliti menggunakan metode analisis semiotika Ferdinand de Saussure. Penelitian ini menemukan pesan moral yang terkandung dalam iklan Sampoerna A Mild "Go Ahead" yaitu: bekerja keras, rendah hati, menolong orang lain, dan peduli sesama. Namun A MIld dalam iklannya merupakan sesuatu yang tidak ada hubungan khusus dari produk dengan pesan yang disampaikan. A MIld membuat khalayak sebagai korban dari konsumsi makna produk yang telah diciptakan pengiklan sebagai alat untuk mengelabuhi khalayak dari tayangan iklan yang menyisipkan pesan moral dalam iklannya. Kata kunci: pesan moral, analisis semiotika, iklan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) > Prodi Komunikasi
Depositing User: DHANIK SUL
Date Deposited: 05 Jun 2017 02:17
Last Modified: 05 Jun 2017 02:17
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/3176

Actions (login required)

View Item View Item