Rosita, Diana and Rini, Setia (2021) Project Based Learning dalam Belajar Bahasa Prancis. In: Seminar Nasional Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung 2021, 16 Februari 2021, Bandar Lampung.

[img] Text
view

Download (74kB)
Official URL: https://drive.google.com/file/d/1j1ICl1JQUeMme7YOy...

Abstract

Abstrak: Tujuan dalam penelitian ini, ialah untuk mengetahui prestasi berbicara Bahasa Prancis, dan mengetahui perbedaan yang signifikan dalam penggunaan model pembelajaran Project Based Learning dengan model ceramah pada keterampilan berbicara bahasa Prancis bagi siswa SMA Negeri 16 Bandar Lampung T.P. 2020/2021. Desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model true experimental design. Dalam model ini terdapat dua kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, dimana pengambilan sampel dilakukan secara random. Hasil tes berbicara bahasa Prancis di kelas eksperimen memiliki skor terendah 66, skor tertinggi 84, sehingga skor rata-rata yang didapat adalah 74,75 dengan standar deviasi 4,494, sedangkan pada kelas kontrol menghasilkan skor terendah 52, dan skor tertinggi 64, sehingga skor rata-rata yang didapat adalah 58,25 dengan standar deviasi 3,856. Skor rata-rata prestasi belajar Bahasa Prancis pada kedua kelas sampel adalah 66,5. Bila dikaitkan dengan tolok ukur penilaian pada Bab III, skor tersebut masuk dalam rentang 66-70 yang bermakna Baik kurang (B-). Sampel yang representatif tersebut membuat populasi yang diwakilinya juga representatif. Jadi, tingkat kemampuan atau prestasi belajar berbicara bahasa Prancis siswa Kelas XI di Kelas Peminatan Bahasa Prancis SMA Negeri 16 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2020/2021 masuk dalam kategori baik. Kata Kunci: Berbicara, Project Based-Learning, Bahasa Prancis

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Bahasa Inggris
Depositing User: DIANA ROSI
Date Deposited: 02 Jun 2021 01:07
Last Modified: 02 Jun 2021 01:07
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/31608

Actions (login required)

View Item View Item