Hariri, Hasan and Karwan, Dedy H. (2021) Penguatan Kompetensi Supervisi Akademik bagi Kepala Sekolah Dasar di Kota Bandar Lampung. DIII Keperawatan Universitas Malahayati Lampung, Bandar Lampung.
|
Text
Hariri&Karwan 2021 Karya Pengabdian Penguatan Kompetensi Supervisi Akademik.pdf Download (415kB) | Preview |
Abstract
Kegiatan penguatan kompetensi supervisi akademik bagi kepala sekolah dasar bertujuan untuk: 1) Meningkatkan pemahaman peran kepala sekolah sebagai supervisor dan pentingnya supervisi akademik dalam meningkatkan professional guru yang berdampak pada peningkatan mutu pendidikan di sekolah, 2) Meningkatkan sikap positif kepala sekolah dalam mengembangkan kemampuan dan usaha-usaha memperbaiki pelaksanaan supervisi akademik di sekolah, 3) Meningkatkan kemampuan atau keterampilan kepala sekolah dalam menerapkan kegiatan ini adalah kepala sekolah memiliki sikap positif untuk mengembangkan kemampuan dan usaha memperbaiki pelaksanaan supervisi akademik di sekolah. Kegiatan dilaksanakan di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini: 1) Ekspositori: instruktur ceramah atau presentasi dengan menggunakan media visual, 2) Tanya jawab: dalam ceramah atau presentasi yang disampaikan oleh instruktur kepada peserta disertai tanya jawab antara peserta dan instruktur, 3) Pemberian tugas: instruktur memberikan tugas kepada peserta untuk melaksanakan kegiatan sesuai dengan materi yang telah diberikan. Pemberian tugas dilakukan secara individu dan kelompok, 4) Diskusi kelompok: kegiatan yang dilakukan secara kelompok dalam rangka menyelesaikan tugas yang diberikan oleh instruktur yang hasilnya dipresentasikan dihadapan kelompok lain, 5) Latihan: kegiatan praktik pembuatan rencana kegiatan pengawasan akademik. Sasaran dalam kegiatan ini adalah kepala sekolah dasar yang masa jabatannya kurang dari lima tahun. Hasil kegiatan: 1. Meningkatkan pengetahuan peserta tentang pentingnya pengembangan guru, peran dan tanggungjawab kepala sekolah, konsep dasar sipervisi akademik, dan pendekatan, prinsip dan teknik supervisi akademik, 2. Materi kegiatan merupakan hal yang dibutuhkan dan bermanfaat bagi peserta atau kepala sekolah untuk merencanakan dan melaksanakan kegiatan supervisi akademik di sekolah, 3. Menumbuhkan dan meningkatkan sikap positif kepala sekolah terhadap pelaksanaan supervisi akademik dalam mengembangkan profesional guru, dan 4. Meningkatkan keterampilan kepala sekolah dalam membuat perencanaan pengawasan akademik dan menggunakan lembar pengamatan untuk menilai guru pengajar. Kata kunci: penguatan, supervisi akademik, kepala sekolah
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Magister Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Hasan Hariri |
Date Deposited: | 02 Jun 2021 01:03 |
Last Modified: | 02 Jun 2021 01:03 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/31569 |
Actions (login required)
View Item |