Annisa Salsabilla, Mrs and Dian Utami, Mrs (2021) KAJIAN POLA PERKULIAHAN E-LEARNING PENDIDIKAN GEOGRAFI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP 2021. pp. 144-152. ISSN 2716-053X

[img] Text
view - Published Version

Download (74kB)
Official URL: http://semnaspend.fkip.unila.ac.id/2019/08/14/pros...

Abstract

E-learning adalah metode pembelajaran yang dilakukan secara jarak jauh untuk kegiatan belajar mengajar. Cara ini merupakan hal yang umum dilakukan pada kegiatan di perguruan tinggi, akan tetapi menjadi hal yang kurang familiar bagi sebagian mahasiswa dan dosen khususnya di lingkup Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penerapan metode e-learning dan pola perkuliahan yang terjadi khususnya di Program Studi Pendidikan Geografi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Survey dilakukan secara online melalui aplikasi google form. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa mampu beradaptasi dengan baik dalam kegiatan belajar mengajar secara e-learning. Sebaliknya bagi beberapa dosen kegiatan e-learning ini diperlukan penyesuaian. Media pembelajaran yang paling popular digunakan secara berurutan yaitu whatsapp group, google classroom, teleconference, v-class, edusmart, dan edmodo. Whatsapp group merupakan media pembelajaran yang mudah penggunaannya. Pola perkuliahan dominan yaitu pola komunikasi semi dua arah dan gaya belajar yang terjadi secara berurutan yaitu gaya belajar visual, gaya belajar auditori, dan gaya belajar kinestetik.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Annisa Salsabilla
Date Deposited: 31 May 2021 09:49
Last Modified: 31 May 2021 09:49
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/31491

Actions (login required)

View Item View Item