Vianti, Okta and Kagungan, dian and Yulianti, Devi STRATEGI MEDIA BRANDING PENGEMBANGAN SEKTOR PARIWISATA KABUPATEN PESISIR BARAT SEBAGAI DESTINASI WISATA INTERNASIONAL. Administrativa: Jurnal Birokrasi, Kebijakan dan Pelayanan Publik. ISSN 2714-7673

[img]
Preview
Text
Strategi Media Branding Pengembangan Sektor Pariwisata Kabupaten Pesisir Barat Sebagai Destinasi Wisata Internasional.pdf

Download (632kB) | Preview

Abstract

Fenomena yang terjadi pada masyarakat modern yakni mulai meningkatnya kegiatan wisata sehingga harus ada suatu strategi yang sesuai perkembangan zaman dan dapat dijadikan sebagai pengelolaan dan pengembangan potensi pariwisata dengan memanfaatkan media digital sebagai media branding yang merupakan bagian dari sebuah komunikasi pemasaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi strategi media branding dalam mengembangkan sektor pariwisata di Kabupaten Pesisir Barat sebagai destinasi wisata internasional, faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi media branding dalam pengembangan sektor pariwisata, serta dampak adanya pandemi covid-19 pada sektor pariwisata di Kabupaten Pesisir Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi strategi media branding pengembangan sektor pariwisata Kabupaten Pesisir Barat sebagai destinasi wisata internasional yakni penetapan tujuan tahunan implementasinya masih minim karena belum terarah dengan baik begitupun dengan pemanfaatan media yang kurang massif dalam upaya mem-branding pariwisata; perumusan kebijakan yakni adanya surat keputusan tentang pembagian desa wisata; memotivasi pekerja dengan upaya-upaya yang telah dilakukan seperti saling menyemangati, koordinasi, serta evaluasi dalam rapat atau ajakan secara pribadi; kurangnya alokasi SDM yang mumpuni di bidang IT. Selanjutnya faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi dalam media branding tersebut yakni adanya peran masyarakat yang secara tidak langsung ikut serta dalam mem-branding potensi wisata yang ada juga terbatasnya SDM secara kualitas dan kuantitas serta kurangnya peran pemerintah. Kemudian dampak pandemi covid-19 mengakibatkan adanya penurunan jumlah wisatawan serta batalnya event-event yang telah di persiapkan.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) > Prodi Administrasi Negara
Depositing User: DEVI YULIA
Date Deposited: 30 May 2021 15:30
Last Modified: 30 May 2021 15:30
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/31357

Actions (login required)

View Item View Item