Ali, Suprihatin and Wibawa, Agung (2016) INDUKSI NILAI KEARIFAN LOKAL LAMPUNG PADA BUDAYA PELAYANAN PRIMA UNTUK PENINGKATN KINERJA PEMERINTAHAN DAERAH. In: PROSIDING SEMINAR NASIONAL “ TANTANGAN ILMU-ILMU SOSIAL DALAM MENGHADAPI BONUS DEMOGRAFI INDONESIA 2020-2030”., 16 November 2016, Bandar Lampung.
|
Text
Prosiding.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur indeks kepuasan masyarakat pengguna layanan yang berbasis dimensi pelayanan dalam rangka mencari aspek-aspek dimensi pelayanan yang perlu ditingkatkan sebagai basis data untuk peningkatan pelayanan yang perlu dilakukan oleh pemerintah daerah kota Bandar Lampung dan Metro. Dimensi pelayanan meliputi lima aspek yang dinilai yaitu bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, empati dan jaminan. Pengukuran kualitas pelayanan atau indeks kepuasan masyarakat dilakukan dengan instrumen survei yang dimodifikasi dari instrumen riset terdahulu dan diadopsi sesuai dengan konteks pelayanan pemerintahan daerah. Hasil temuan menunjukkan bahwa aspek kehandalan dan responsif pegawai adalah paling utama perlu dilakukan perbaikan. Oleh Karena itu peningkatan pelayanan dan penanaman kesadaran melalui pendidikan dan pelatihan yang meliputi aspek kognitif, afektif dan perilaku yang terintegrasi dalam budaya kerja pada pemerintahan daerah perlu dilakukan. Implikasi praktis dari penelitian ini menunjukkan bahwa nilai budaya kerja yang bersumber dari nilai kearifan lokal masyarakat Lampung perlu dimasukkan kedalam budaya kerja pemerintah daerah dalam rangka peningkatan mutu layanan di sektor publik. Kata Kunci: Pelayanan Prima, Sektor Publik, Nilai kearifan lokal.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) > Prodi Administrasi Bisnis |
Depositing User: | SUPRIHATIN ALI |
Date Deposited: | 05 Jun 2017 02:30 |
Last Modified: | 05 Jun 2017 02:30 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/3130 |
Actions (login required)
View Item |