Tristiyanto, Tristiyanto and Anie Rose, Irawati and Kurniawan, Didik and Arba, Rifki Aflaza (2020) Evaluasi Heuristik pada Aplikasi Terampil untuk Optimalisasi User Interface dan User Experience. Jurnal Pepadun, 1 (1). pp. 109-119. ISSN 2774-3403

[img] Text
21 - Published Version

Download (2kB)
Official URL: https://pepadun.fmipa.unila.ac.id/index.php/jurnal...

Abstract

Aplikasi Terampil adalah aplikasipendidikanketerampilan online dan offline serta sertifikasi profesi berbasis android yang fokus pada bidang non akademik yang mempermudah masyarakat Indonesia untuk menerapkan dan mengembangkan keterampilannya. Aplikasi Terampil merupakan aplikasi prototipe yang akan dikembangkan menjadi aplikasi yang siap pakai. Supaya aplikasi tersebut nyaman dan mudah untuk digunakan sebelum siap pakai, maka perlu dilakukan analisis dan perancangan user interface (UI)dan user experience (UX)serta evaluasi supaya aspek –aspek usability sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pengguna. Analisis dan perancangan UI dan UX menggunakan metode The Wheel dan usability testing menggunakan metode Heuristic Evaluation.Tujuan penilitian ini adalah untuk mendapatkan desain interface dan experience yang baik dan benar sesuai dengan keinginan pengguna. Aplikasi Terampil memiliki dua modul yaitu peserta kursus dan instruktur keterampilan. Pengumpulan data awal dilakukan dengan melakukan wawancara dan kuisioner online untuk mendapatkan kebutuhan fungsional, kemudian dilanjutkan dengan pembuatan desain tampilan berdasarkan kebutuhan fungsional. Desain tampilan dievaluasi oleh responden melalui pengujian prototyping untuk mendapatkan feedback, sehingga sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pengguna. Tahap terakhir yaitu pengujian kebergunaan atau usability testing menggunakan 10 elemen heuristic yang dilakukan dengan bantuan evaluator. Berdasarkan evaluasi dari metode The Wheelyang sudah dilakukan, responden mengharapkan desain interfaceyang mudah dan nyaman digunakan serta informatif sehingga pengguna tidak kesulitan untuk memahami aplikasi yang akan digunakan. Sedangkan berdasarkan pengujian kebergunaan atau usability testingmenggunakan heuristic evaluationyang sudah dilakukan, ketiga evaluator memberikan evaluasi untuk memperbaiki pemilihan warna tombol, pemilihin icon, dan konsistensi desain interface supaya pengguna tidak kesulitan dan bingung saat menggunakan aplikasi Terampil.

Item Type: Article
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Prodi Ilmu Komputer
Depositing User: TRISTIYANT . .
Date Deposited: 29 May 2021 00:36
Last Modified: 29 May 2021 00:36
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/31219

Actions (login required)

View Item View Item