Rizky, Drupadi and Syafrudin, Ulwan Hubungan Penggunaan Media Kartu Huruf dengan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education. ISSN 2621-0770

[img]
Preview
Text
11958-36742-1-PB.pdf

Download (172kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang ada yaitu guru tidak paham dan kreatif dalam memilih media pembelajaran yang akan digunakan untuk menstimulus kemampuan membaca permulaan anak usia dini. Pembelajaran yang dilakukan masih dengan cara mengeja dan memberikan contoh menggunakan papan tulis. Solusi untuk mengatasi masalah tersebut dengan menggunakan media yang menarik untuk anak, salah satunya menggunakan media kartu huruf untuk mengenalkan membaca permulaan bagi anak usia dini. Dalam penelitian ini, membaca yang dimaksud yaitu kemampuan anak dalam mengenal huruf, mengucapkan bunyi huruf, dan melafalkan huruf dengan jelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penggunaan media kartu huruf dengan kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun. Pendekatan penelitian menggunakan penelitian kuantitatif yang bersifat korelasional, Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik nontes. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan observasi. Peneliti menggunakan kuesioner untuk mengambil data penggunaan media kartu huruf dan observasi digunakan untuk melihat data kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun. Hasil penelitian terdapat hubungan yang positif yaitu hubungan penggunaan media kartu huruf dengan kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: M.Pd. Ulwan Syafrudin
Date Deposited: 28 May 2021 03:02
Last Modified: 28 May 2021 03:02
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/31101

Actions (login required)

View Item View Item