Kusumandari, Ambar and Dewi, Bainah Sari and Sari, Nurika Arum (2020) Evaluasi Pembelajaran Konservasi Sumberdaya Hutan di UGM dan UNILA secara Daring dalam Masa Pandemi Covid-19. In: Prosiding Seminar Nasional Konservasi 2020 "Konservasi Sumberdaya Alam Untuk Pembangunan Berkelanjutan", 21 April 2020, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
B9. 6. Prosiding Seminar Konservasi AMBAR BSD.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pandemi COVID-19 mulai mewabah di Indonesia pada akhir bulan Februari 2020. Hal tersebut berdampak pada penutupan sejumlah kampus sehingga perkuliahan daring menjadi alternatif pengganti kuliah tatap muka. Metode perkuliahan ini masih relatif baru sehingga perlu dilakukan evaluasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi keefektifan proses pembelajaran daring pada mata kuliah konservasi sumberdaya hutan di kampus UGM dan Unila. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner yang dibagikan kepada 268 mahasiswa melalui Google form. Hasil penelitian di kedua kampus adalah mayoritas mahasiswa mengakses internet dari rumah dengan menggunakan perangkat Handphone dan jaringan internet dari Handphone. Mayoritas mahasiswa UGM tidak mengalami kesulitan jaringan sedangkan mahasiswa Unila mengalami kesulitan. Sebagian besar mahasiswa di kedua kampus memperoleh kualitas internet yang sedang. Penyampaian materi yang dilakukan dosen dinilai sedang-baik sehingga mahasiswa dapat memahami materi kuliah yang diberikan. Mahasiswa merasa kuliah daring mengganggu keuangan sehingga mahasiswa lebih senang mengikuti kuliah dan ujian secara tatap muka meskipun kuliah daring dapat menggantikan silaturahmi dengan teman dan dosen. Kata kunci- daring, evaluasi, konservasi, pandemi COVID-19, pembelajaran.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Fakultas Pertanian (FP) > Prodi Kehutanan
Depositing User: Dr.Hj. Bainah Sari Dewi s.Hut., M.P.
Date Deposited: 27 May 2021 06:27
Last Modified: 27 May 2021 06:27
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/31003

Actions (login required)

View Item View Item