Wulanari, Ayu and Rosita, Diana and Kusrini, Nani (2020) Teknik Permainan Simulasi dalam Keterampilan Berbicara Bahasa Prancis Siswa Kelas XI di SMA Negeri 9 Bandarlampung. Pranala : Jurnal Pendidikan Bahasa Prancis, 3 (2). pp. 71-82. ISSN 2721-7817
Text
21885 Download (27kB) |
Abstract
Keterampilan berbicara sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, sehingga digunakan sebagai sarana komunikasi utama dalam kehidupan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif penggunaan teknik permainan simulasi dalam keterampilan berbicara bahasa Prancis siswa kelas XI di SMA Negeri 9 Bandarlampung. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental semu dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 5 dan XI IPA 4. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes lisan dengan teknik pretest posttest. Berdasarkan hasil penelitian, nilai rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 51,92 dan nilai rata-rata posttest sebesar 57,76. Nilai rata- rata pretest kelas kontrol sebesar 48,13 dan nilai rata-rata posttest sebesar 49,33. Hasil uji-t menunjukkan bahwa pada taraf signifikansi 0,05, Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil tersebut menunjukkan bahwa teknik permainan simulasi memiliki dampak yang signifikan pada keterampilan berbicara bahasa Prancis kelas eksperimen. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa teknik permainan simulasi dapat memberikan pengaruh positif terhadap keterampilan berbicara bahasa Prancis siswa kelas XI di SMA Negeri 9 Bandarlampung. Kata kunci : keterampilan berbicara, teknik pembelajaran, permainan simulasi
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Bahasa Inggris |
Depositing User: | NANI KUSRI |
Date Deposited: | 07 May 2021 03:45 |
Last Modified: | 07 May 2021 03:45 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/30053 |
Actions (login required)
View Item |