Kagungan, dian and Rosalia, Feni and HIDAYATI, DEWI AYU (2020) PELATIHAN TATA KELOLA DESTINASI PARIWISATA BERBASIS MEDIA BRANDING STRATEGY (Membangun Kerjasama Kelembagaan Dan Peranserta Masyarakat Untuk Mewujudkan Desa Talang Mulya Sebagai Desa Wisata). LPPM UNILA, BANDAR LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
JURNAL PENGABDIAN SUMBANGSIH.pdf

Download (244kB) | Preview
Official URL: https://sumbangsih.lppm.unila.ac.id/index.php/jsh/...

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah a.penguatan kapasitas kelembagaan desa dan keterlibatan aktif kelembagaan kelompok sadar wisata (pokdarwis) dalam mengembangkan sektor pariwisata berbasis media branding strategyb. pendampingan melalui promosi semua potensi wisata Desa Sungai Langka. c.Mendukung program Pemerintah Kabupaten Pesawaran d. Publikasi Metode yang digunakan : Focus grup discussion, pendidikan dan pelatihan, ceramah dan simulasi berupa kegiatan pemberdayaan terhadap masyarakat lokal serta evaluasi seluruh hasil kegiatan ini. Lokasi kegiatan desa Sungai Langka, Kecamatan Gedung Tataan Kabupaten Pesawaran, peserta kegiatan ini berjumlah 20 orang meliputi:, Kepala Desa, beserta aparatur, ketua dan anggota kelompok sadar wisata (pokdarwis), Kelompok wanita tani (KWT) Desa Sungai Langka anggota Pemuda dan Karangtaruna, tokoh masyarakat/ BPD, dan karang taruna. Luaran yang ditargetkan (utama):: Artikel ilmiah yang dimuat dalam jurnal Sumbangsih/Jurnal SENAPATI/proseeding dalam forum konferensi ilmiah pengabdian masyarakat (Senapati), Video kegiatan bersurasi 5 menit. Luaran tambahan : artikel ilmiah yang akan diseminarkan dalam forum ilmiah kegiatan pengabdian masyarakat. Hasil dari kegiatan ini adalah :Pelaksanaan kegiatan pengabdian di desa Sungai Langka ditempuh melalui beberapa aspek 1.Kemampuan analisis peserta di desa Sungai Langka ini secara singkat dapat ditingkatkan terutama dalam aspek kognitif dan afektif. Secara kognitif rata-rata mengalami kenaikan sekitar 55% dari kemampuan dasar peserta 2.Hasil evaluasi menunjukkan bahwa peserta pelatihan memiliki motivasi yang tinggi untuk mengaplikasikan hasil-hasil pelatihan pada aktifitas-aktifitas di bidang kepariwisataan, termasuk pengembangan area agrowisata kebun jeruk, kebun salak aktifitas kelembagaan kelompok dan aktifitas yang berkaitan dengan pengembangan wisata lainnya (antara lain berbagai produk olahan makanan ringan, kopi dan susu kambing etawa) Key words : tatakelola, destinasi pariwisata, sungai langka, media branding strategy

Item Type: Other
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) > Prodi Administrasi Negara
Depositing User: DIAN KAGUN
Date Deposited: 26 Apr 2021 08:51
Last Modified: 26 Apr 2021 08:51
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/29624

Actions (login required)

View Item View Item