Sunyono, Sunyono and Rudibyani, Ratu Betta and Efkar, Tasviri (2018) Kontrak & Laporan Penelitian: Desain Dan Implementasi Strategi Scaffolding Dalam Pembelajaran Kimia Berbasis Multipel Representasi. Universitas Lampung. (Unpublished)
|
Text
2018_Kontrak&Lap Penelitian_Unggulan.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Issu tentang literasi sains (kimia) telah lama menjadi pusat perhatian penelitian para ahli pendidikan, termasuk literate terhadap isu-isu terkait fenomena alam secara kontekstual. Kemampuan literasi kimia sangat ditentukan oleh proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru. Kunci pokok keberhasilan dalam pembelajaran adalah pada kemampuan siswa dalam merepresentasikan fenomena kimia pada level submikroskopik dan efikasi diri siswa dalam belajar. Dengan demikian, pembelajaran dengan melibatkan level fenomena kimia (makro, submikro, dan simbolik) melalui pembelajaran berbasis multiple representasi yang dinamakan model SiMaYang merupakan langkah strategis untuk meningkatkan efikasi diri siswa, sehingga akan berdampak pada peningkatan kemampuan literasi kimia. Apalagi dengan bantuan strategi scaffolding dalam pembelajaran tersebut diharapkan akan lebih memudahkan siswa dalam meningkatkan kemampuan literasi kimia. Dalam jangka panjang penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan, membentuk, dan menanamkan nilai-nilai pembelajaran pada guru dan daya tahan (resilience) siswa terhadap pengaruh lingkungan yang negatif untuk menumbuhkan keyakinan diri yang kuat dan kemampuan literasi yang handal. Dalam upaya menciptakan pembentukan keyakinan diri dan literasi yang berkelanjutan (sustainable), maka dalam jangka pendek, penelitian ini akan difokuskan pada target khusus berupa desain pembelajaran scaffolding berbasis multiple representasi yang meliputi tiga langkah (tahap), yaitu tahap pendahuluan (analisis kebutuhan), tahap pengembangan dan validasi, dan tahap implementasi (uji coba) hasil desain strategi scaffolding. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Desain strategi scaffolding pada pembelajaran kimia berbasis multiple representasi telah berhasil dikembangkan ke dalam bentuk silabus, RPP, dan LKPD dengan tingkat validitas dan keefektivan yang tinggi; (2) Implementasi dalam pembelajaran materi alektrolit dan non elektrolit membuktikan bahwa desain strategi scaffolding yang dikembang memiliki kepraktisan yang tinggi, ditinjau dari keterlaksanaan pembelajaran (RPP) dan aktivitas belajar siswa. Demikian pula, keterlaksanaan kelima dimensi scaffolding dalam pembelajaran juga tinggi. (3) Desain strategi scaffolding dalam pembelajaran kimia berbasis multiple representasi memiliki tingkat keefektivan yang tinggi dalam meningkatkan kemampuan literasi kimia dan self efficacy siswa
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | SUNYONO |
Date Deposited: | 22 Apr 2021 03:20 |
Last Modified: | 22 Apr 2021 03:20 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/29568 |
Actions (login required)
View Item |