Nurdin, Bartoven Vivit and Damayanti, - (2016) Pemberdayaan masyarakat kampung wisata untuk promosi museum adat sai batin sanggi unggak Bandar Negeri Semong Berbasiskan Teknologi. Prosiding Seminar Nasional Pemberdayaan Masyarakat Menuju Kemandirian Desa, 1 (1). pp. 109-118. ISSN 978-602-60904-0-9

[img]
Preview
Text
Prosiding Sosiologi 2016.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pemberdayaan masyarakat dalam rangka mempromosikan museum adat Sai Batin Sanggi Unggak sebagai wisata adat berbasiskan teknologi pada Kampung Adat Bandar Negeri Semoung Kabupaten Tanggamus. Museum adat yang didirikan berkat bantuan dana CSR dari perusahaan Natara Mining di Tanggamus, sampai saat ini belum dipromosikan secara gencar dikarenakan sumber daya manusia yang belum optimal. Oleh karena penelitian ini sangat diperlukan untuk memaksimalkan potensi yang ada dengan cara melakukan kajian pemberdayaan masyarakat. Kajian pemberdayaan masyarakat dilakukan dengan metode penelitian kualitatif dengan teknik wawancara mendalam dan pengamatan terlibat. Wawancara mendalam dengan remaja sebanyak 20 orang. Dari hasil kajian diperoleh bahwa generasi muda memiliki potensi untuk mempromosikan wisata museum adat, namun terkendala oleh kurangnya motivasi, cara melihat peluang dan sarana prasarana.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) > Prodi Sosiologi
Depositing User: Dr Bartoven Vivit Nurdin
Date Deposited: 07 Jun 2017 09:20
Last Modified: 07 Jun 2017 09:20
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/2946

Actions (login required)

View Item View Item