Nurtika, Apriyani and Kadaritna, Nina and Tania, Lisa Penilaian Sejawat: Pengembangan Instrumen Asesmen Kognitif Berbasis KPS Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia. (Unpublished)
|
Text
37 artikel-15.pdf Download (694kB) | Preview |
Abstract
Penilaian Sejawat: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, mendeskripsikan tanggapan guru, faktor-faktor pendukung dan kendala pada pengembangan instrumen. Desain penelitian yang digunakan adalah desain R&D menurut Borg & Gall. Instrumen yang dikembangkan berupa soal uraian yang mengukur Keterampilan Proses Sains (KPS) tingkat dasar siswa yaitu mengamati, mengkomunikasikan, memprediksi, menginferensi, dan mengklasifikasi. Berdasarkan hasil validasi ahli terhadap aspek kesesuaian isi materi dengan Kompetensi Dasar (KD) dan indikator KPS, serta keterbacaan, dan konstruksi berkategori sangat tinggi dengan persentase secara berurutan sebesar 89,2%, 84,6%, dan 96% dengan kategori sangat tinggi. Hasil tanggapan guru terhadap aspek kesesuaian isi materi dengan KD dan indikator KPS sebesar 90,2%, aspek keterbacaan sebesar 89,2%, dan aspek konstruksi sebesar 86,67% dengan kategori sangat tinggi. Instrumen hasil pengembangan ini dapat digunakan untuk mengukur KPS.
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | NINA KADAR |
Date Deposited: | 19 Apr 2021 01:25 |
Last Modified: | 19 Apr 2021 01:25 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/29445 |
Actions (login required)
View Item |