Jokowinarno, Dwi (2011) MITIGASI BENCANA TSUNAMI DI WILAYAH PESISIR LAMPUNG. Jurnal Rekayasa, 15 (1). pp. 13-20. ISSN 08527733
|
Text
Jurnal Rekayasa 15-1 Mitigasi Tsunami.pdf Download (311kB) | Preview |
Abstract
Penanganan bencana merupakan proses yang dinamis, terpadu dan berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas langkah-langkah yang berhubungan dengan serangkaian kegiatan yang meliputi pencegahan, mitigasi, kesiapsiagaan, tanggap darurat, evakuasi, rehabilitasi dan pembangunan kembali. Mitigasi adalah merupakan tindakan-tindakan untuk mengurangi atau meminimalkan potensi dampak negatif dari suatu bencana. Minimal terdapat enam langkah yang bisa diupayakan dalam melakukan mitigasi bencana tsunami. Pertama, adalah dengan melakukan upaya-upaya perlindungan kepada kehidupan, infrastruktur dan lingkungan pesisir. Kedua adalah dengan meningkatkan pemahaman dan peranserta masyarakat pesisir terhadap kegiatan mitigasi bencana gelombang pasang. Ketiga adalah meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat terhadap bencana. Keempat, adalah meningkatkan koordinasi dan kapasitas kelembagaan mitigasi bencana. Kelima adalah menyusun payung hukum yang efektif dalam upaya mewujudkan upaya-upaya mitigasi bencana yaitu dengan jalan penyusunan produk hukum yang mengatur pelaksanaan upaya mitigasi, pengembangan peraturan dan pedoman perencanaan dan pelaksanaan bangunan penahan bencana, serta pelaksanaan peraturan dan penegakan hukum terkait mitigasi. Sedangkan kebijakan yang ke enam adalah mendorong keberlanjutan aktivitas ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat pesisir melalui melakukan kegiatan mitigasi yang mampu meningkatkan nilai ekonomi kawasan, meningkatkan keamanan dan kenyamanan kawasan pesisir untuk kegiatan perekonomian.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Depositing User: | DWI JOKOWI |
Date Deposited: | 15 Feb 2021 01:19 |
Last Modified: | 15 Feb 2021 01:19 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/27858 |
Actions (login required)
View Item |