wardoyo, heri and Abdurrahman, Abdurrahman and Viyanti, Viyanti (2011) PENGARUH MINAT DAN AKTIVITAS DALAM PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWADI SMP NEGERI I PULAU PANGGUNG KABUPATEN TANGGAMUS. Jurnal Pendidikan MIPA, 12 (2). pp. 196-206. ISSN 1411-2531

[img] Text
view_usp=sharing - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (65kB) | Request a copy
Official URL: https://drive.google.com/file/d/1XlfpZgz3gjjySlD9s...

Abstract

Minat adalah suatu rasa lebih suka dan rasa ketertarikan peda suatu hal atau aktivitas, tanpa ada yang menyuruh. Minat menggerakkan individu untuk melakukan sesuatu dengan sadar. Dalam hubungannya dengan kegiatan belajar, minat menjadi motor penggerak untuk dapat mencapai tujuan yang diinginkan, tanpa adanya minat, tujuan belajar tidak akan tercapai sccara maksimal. Selain minat, aktivitas selama proses belajar tersebut juga memegang peranan penting. Aktivitas atau kegiatan yang bersifat tindakan merupakan rangkaian kegiatan yang dilakukan siswa dalam proses pembelajaran. Semakin banyak aktivitas yang dilakukan siswa dalam belajar, maka semakin baik proses pembelajaran yang terjadi. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mngetahui pengaruh minat belajar siswa melalui pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar, (2) untuk mengetahui pengaruh aktivitas siswa melalui pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar, dan (3) untuk mengetahui pengaruh minat dan aktivitas siswa dalam pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasi! belajar. Penelitian ini merupakan studi eksperimen dengan populasi penelitian yang digunakan dari populasi yang terdiri dari 8 kelas diambil 1 kelas sebagai sampel. Sampel yang diperoleh adalah kelas VII-A yang berjumlah 32 Variabel penclitian terdiri dari dua variabel bebas, yaitu minat dan aktivitas, serta hasil belajar sebagai variabel terikat yang diukur dengan menggunakan tes hasil belajar dalam bentuk esai, sedangkan minat dan aktivitas dengan menggunakan angket minat dan lembar observasi aktivitas. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi linier berganda.Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan: (1) Minat belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. (2) Aktivitas siswa dengan menggunakan pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. (3) Minat belajar dan aktivitas siswa dengan menggunakan pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci: minat belajar, aktivitas siswa, inkuiri terbimbing, hasil belajar siswa

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Magister Pendidikan Fisika
Depositing User: VIYANTI
Date Deposited: 10 Feb 2021 01:15
Last Modified: 10 Feb 2021 01:15
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/27793

Actions (login required)

View Item View Item