Valensy Rachmedita, Valensy Rachmedita and Risma M Sinaga, RMS and Pujiati, P (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI PENGGUNAAN STRATEGI ACTIVE SHARING KNOWLEDGE. Jurnal Studi Sosial, 5 (1). ISSN ISSN 2089-9335
|
Text
12328-26157-1-PB.pdf Download (270kB) | Preview |
Abstract
Penelitian iniadalah penelitian kaji tindak yangbertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan strategi active sharing knowledge. Hal ini dilakukan karena rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pada siklus pertama pencapaian kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 13%. Pada siklus kedua menunjukkan peningkatankemampuan berpikir kritis siswa sebesar 54% yang artinya lebih baik dari siklus sebelumnya. Pada siklus ketiga menunjukkan nilai hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 85%. Hal iniberarti setelah penggunaan strategi active sharing knowledgeterdapatpeningkatan kemampuan berpikirkritis siswa secara signifikan dari sebelum tindakan sebesar 0% dan setelah dilakukan tindakan pada siklus ketiga menjadi sebesar 85%. Simpulan penelitian ini adalah penggunaan strategi active sharing knowledgedapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa secara optimal pada kelas VIII B SMP Wiyata Karya Natar tahun pelajaran 2015/2016. Kata Kunci: strategi, active sharing knowledge, berpikir kritis
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Magister Pendidikan IPS |
Depositing User: | PUJIATI P |
Date Deposited: | 15 Dec 2020 06:21 |
Last Modified: | 15 Dec 2020 06:21 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/27025 |
Actions (login required)
View Item |