Pujiati, P
(2015)
PENDEKATAN SAINTIFIC DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK
MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS.
In: Seminar Nasional Pendidikan IPS, PIPS SPS UPI.
Abstract
Artikel ini mengkaji tentang pendekatan saintific dalam pembelajaran IPS untuk
meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Pendekatan saintific merupakan salah
satu bentuk inovasi baru dalam pembelajaran yang menjadikan langkah-langkah
berpikir ilmiah sebagai ruh dalam sebuah pencapaian tujuan pembelajaran. IPS
sebagai satu mata pelajaran sarat dengan muatan yang menuntut seseorang
berpikir ilmiah. Penerapan pendekatan ini menjadi sebuah kebutuhan mengingat
IPS tidak pernah lepas dari kajian manusia dalam konteks sosialnya yang
senantiasa berkembang dan membutuhkan kemampuan berpikir kritis. Pendekatan
saintific dalam pembelajaran IPS meliputi mengamati, menanya, menalar,
mencoba dan membentuk jejaring. Melalui pendekatan saintific, kemampuan
berpikir kritis seseorang dapat dioptimalkan, karena langkah-langkah dalam
pendekatan saintific identik dengan pengembangan proses berpikir kritis.
Kata kunci: pendekatan Saintific, pembelajaran IPS, keterampilan berpikir kritis
Available Versions of this Item
-
PENDEKATAN SAINTIFIC DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK
MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS. (deposited 15 Dec 2020 06:21)
[Currently Displayed]
Actions (login required)
|
View Item |