Armijon, Armijon and Murdapa, Fauzan and Adha, Idharmahadi and Rahmadi, Eko and Susanti S, Ida (2020) Bantuan Teknis Pemetaan Skala Besar Dusun Lima, Desa Purwotani, Kec. Jati Agung, Kab. Lampung Selatan. http://repository.lppm.unila.ac.id/, http://lppm.unila.ac.id/.

[img]
Preview
Text (Laporan PkM: Bantuan Teknis Pemetaan Skala Besar Dusun Lima, Desa Purwotani, Kec. Jati Agung, Kab. Lampung Selatan)
Laporan Akhir Pengabdian Dusun LIma - DIPA FT 2020_for_REPO.pdf - Draft Version

Download (7MB) | Preview
Official URL: http://repository.lppm.unila.ac.id/

Abstract

Kegiatan pengabdian ini terinspirasi dari warga desa Purwotani yang mengajukan usulan ke jurusan Teknik Geodesi dan Geomatika agar desa Purwotani dapat dipetakan dengan peta skala besar. Usulan tersebut terkait dengan rencana desa Purwotani yang akan merancang Produk Unggulan Kawasan Perdesaan serta Rancangan usulan perbaikan jalan desa melalui usulan Bantuan Dana Desa, sehingga keperluan akan data peta teknis dirasakan sangat mendesak sehingga usulan tersebut melahirkan kegiatan ini. Luas desa Purwotani yang cukup besar menjadi kendala kegiatan dalam hal efisiensi anggaran kegitan pemetaan sehingga disusun rencana pembagian blok pemetaan dimana prioritas pertama pada dusun Lima yang berbatasan langsung dengan lahan Universitas Lampung dilokasi rencana Pusat Pemerintahan Provinsi lampung di Kota Baru. Dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan proses pengukuran dan akuisis data foto udara, pengolahan data dari hasil pengukuran dilapangan, sampai dihasilkannya Peta Foto maupun Peta Garis dalam bentuk digital melalui tahap pekerjaan; pengambilan data, pengolahan data, dan penyajian data dalam bentuk peta. Data Peta diperoleh dari data ukur dilapangan yang meliputi pengukuran Ground Control Point (GCP), Independent Control Point (ICP) menggunakan GNSS Geodetik, Akuisis Data Foto Udara Tanpa Awak menggunakan Drone Quadcopter, Pengolahan Data Foto Udara, Pendigitasian data Situasi (detail), Survey Data Atribut, serta Kartografi dan Penyajian Hasil. Hasil akhir peta diuji ketelitian skalanya berdasarkan ketelitian Horizontal dan vertikal, selain itu dilakukan juga uji ketelitian atribur menggunakan matrik confusi. Kegiatan ini menghasilkan dua Bench Mark (BM) dengan ketelitian yang cukup tinggi yang diletakkan diatas lahan milik Unila yang berbatasan dengan Dusun Lima sehingga dapat dipergunakan untuk melakukan kegiatan lain yang memerlukan koordinat sebagai titik ikat. Selain itu dihasilkan juga: DSM, DEM, Peta Foto, Peta Garis dusun Lima dengan skala 1:2000. Hasil evaluasi ketelian skala peta memperlihatkan bahwa untuk peta Peta yang dihasilkan telah memenuhi syarat ketelitian jika digunakan sebagai peta dasar skala 1:2000 dengan indikasi CE90 = 0,3289 dan LE90 = 0,5986. Ketelitian atribut menghasilkan nilai Overall Accuracy sebesar 88% mengindikasikan bahwa ketelitian atribut untuk peta telah memenuhi syarat ketelitain. Hasil evaluasi menyeluruh egiatan ini telah menghasilkan nilai proyek sebesar Rp Rp.40.000.000,00 atas kerjasama tim pengabdian yang didukung dana DIPA FT unila 2020 serta Masyarakat Dusun Lima.

Item Type: Other
Additional Information: Kegiatan ini dilakukan sekaligus melakukan pemetaan Lahan Unila hibah Pemerintah Provinsi Lampung di Kota Baru Lampung selatan. Pemasangan dua buah BM dan dan dua buah CP di letakkan di tengah-tengah lahan Unila. Diharapkan nantinya dapat dijadikan sebagai titik Ikat untuk pemetaan detail lainnya. BM dan CP di ukur dengan GNSS Type Geodetik selama 6 jam untuk masing-masing titik. untuk keperluan Peta lahan unila serta koordinat BM dan CP dapat menghubungi Jurusan Teknik Geodesi Unila.
Uncontrolled Keywords: Peta Desa Skala Besar, Purwotani, Dusun Lima, Peta Foto, Peta Garis
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GB Physical geography
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Prodi Teknik Geodesi
Depositing User: Armijon Armijon
Date Deposited: 07 Dec 2020 01:24
Last Modified: 07 Dec 2020 01:24
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/26843

Actions (login required)

View Item View Item