Muchtar, Alimuddin and Rasimeng, Syamsurijal and Sinambela, Rudy Zefrianto PEMBUATAN PETA KELURAHAN RAJABASA NUNYAI, KECAMATAN RAJABASA, KOTA BANDAR LAMPUNG. senapati. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
B5 - SENAPATI.pdf - Presentation

Download (547kB) | Preview

Abstract

Pemekaran wilayah administrasi untuk mendukung otonomi daerah adalah sebuah hal yang lazim dilakukan, seperti halnya yang terjadi dengan Kelurahan Rajabasa Nunyai, Kecamatan Rajabasa, Kota Bandar Lampung. Pemekaran ini tentunya mengandung tantangan dan peluang untuk membangun wilayah baru tersebut secara optimal. Berdasarkan kebutuhan dalam menjawab peluang dan tantangan tersebut, penegasan batas wilayah jelas menjadi semakin penting seiring dengan pesatnya pengembangan wilayah dan pertumbuhan investasi. Pembuatan Peta Kelurahan dengan batas wilayah indikatif merupakan awal dari pengembangan potensi dan penataan wilayah desa. Data yang digunakan dalam dalam kegiatan ini adalah data citra resolusi tinggi dan Peta RBI, dimana kegiatan pengabdian ini menghasilkan kajian awal penegasan batas kelurahan melalui proses perbandingan antara data peta RBI dengan hasil verifikasi yang disajikan dalam peta citra. Hal ini juga memberikan kontribusi penting dalam rangka mendorong terlaksananya otonomi desa seperti yang diamanatkan oleh Undang-Undang. Kegiatan pengabdian ini juga bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan aparat kelurahan dan masyarakat tentang pentingnya penegasan batas wilayah pada Peta Kelurahan Rajabasa Nunyai, serta penyebaran Teknologi informasi terkait kepada semua stackholder dan masyarakat sekitar. Dengan ketersediaan Peta Kelurahan dan interaksi yang terjalin, diharapkan masyaratakat dapat lebih peka dalam memanfaatkan potensi daerah yang dimilikinya.

Item Type: Article
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Prodi Teknik Geofisika
Depositing User: Dr. Alimuddin Muchtar
Date Deposited: 24 Nov 2020 01:23
Last Modified: 24 Nov 2020 01:23
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/26728

Actions (login required)

View Item View Item