Kristiani, Yoana and Sesunan, Feriansyah and Wahyudi, Ismu (2020) PENGARUH APLIKASI SENSOR SMARTPHONE PADA PEMBELAJARAN SIMPLE HARMONIC MOTION BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Jurnal Pendidikan Fisika, 8 (2). pp. 138-149. ISSN 2337-5973

[img]
Preview
Text
JPF metro Vol.8 N0.2 2020.pdf

Download (896kB) | Preview
Official URL: http://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/fisika/art...

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi phyphox pada materi getaran harmonis berbasis inkuiri terbimbing terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Populasi pada penelitian ini seluruh siswa kelas X MIPA SMA N 1 Pringsewu. Sampel yang digunakan pada penelitian kelas X MIPA 4, berjumlah 30 siswa. Desain pada penelitian adalah One Group Pretest-Postest. Pembelajaran dilakukan dengan praktikum menggunakan alat berbantuan phyphox berbasis inkuiri terbimbing. Data kemampuan berpikir kritis diperoleh menggunakan tes tertulis. Analisis data hasil belajar siswa menggunakan Paired Sample TTest. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh skor rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa mengalami kenaikan sebesar 44% dengan rata-rata NGain sebesar 0,72 dalam kategori tinggi dan hasil uji paired simple T-test diperoleh nilai sig kurang dari 0,05. Disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis siswa sebelum dan sesudah menggunakan aplikasi phyphox. Kata Kunci: gerak harmonis sederhana, inkuiri terbimbing, kemampuan berpikir kritis, phyphox. Abstract This study aims to determine the effect of the use of phyphox applications on guided inquiry-based harmonic vibration material to improve ability students' critical thinking. The population in this study were students of class X MIPA SMA N 1 Pringsewu. The sample used in the study class X MIPA 4 with 30 students in total. The design of the study was One Group PretestPostest. Learning is done by practicum using a guided inquiry based phyphox application. Data in ability critical thinking were obtained using written tests. Data analysis of student learning outcomes using the Paired Sample T-Test. Based on the results of the study obtained an average score of ability students' critical thinking increased by 44% with an average NGain of 0.72 in the high category and the of paired simple T-test obtained a sig value of less than 0.05. It can be concluded that there are significant differences in ability students' critical thinking before and after using the phyphox application. Keywords: simple harmonic motion, guided inquiry, critical thinking ability, phyphox. Kristiyani., Sesunan., Wahyudi – Pengaruh Apli

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Fisika
Depositing User: ISMU WAHYU
Date Deposited: 20 Nov 2020 01:43
Last Modified: 20 Nov 2020 01:43
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/26390

Actions (login required)

View Item View Item