Anggraini, Gian Fitria and pradini, susanthi and Sasmiati, Sasmiati and Haenilah, Een Yayah PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS ANAK USIA DINI MELALUI STORYTELLING DI TK AMARTANI BANDAR LAMPUNG. Jurnal Pengabdian Dharma Wacana, 1 (1).

[img]
Preview
Text
21-51-1-PB.pdf

Download (832kB) | Preview

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan storytelling kepada pendidik anak usia dini dalam rangka mengembangkan kemampuan berpikir kritis anak usia dini melalui kegiatan membacakan cerita (storytelling). Adapun secara khusus tujuan dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan: (1) pemahaman guru tentang pentingnya storytelling sebagai salah satu cara mengembangkan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran anak usia dini; (2) pemahaman tentang strategi pembelajaran melalui kegiatan storytelling sebagai salah satu cara mengembangkan kemampuan berpikir kritis anak usia dini. Metode yang dipilih dalam kegiatan pengabdian ini adalah dengan memberikan pelatihan pendampingan storytelling baik itu melalui penyuluhan (pemberian materi), diskusi, latihan simulasi, serta pemberian tugas (workbook). Pelatihan dilaksanakan dalam beberapa tahap yaitu, tahap awal (sosialisasi), tahap pelaksanaan, dan evaluasi. Sasaran kegiatan adalah guru TK di Gugus Labuhan Ratu, Bandar Lampung yang diselenggarakan di TK Amarta Tani HKTI Bandar Lampung berjumlah sekitar 35 orang. Pengujian keefektifan pelatihan dilakukan melalui uji pre-test dan post-test, yang dianalisis menggunakan uji beda. Berdasarkan hasil analisis terdapat 66% peserta yang mengalami kenaikan skor sebelum dan sesudah pelatihan, dan kenaikan rata-rata sebesar 1.2. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan serta peningkatan pemahaman peserta dalam melakukan aktifitas storytelling sebagai salah satu bentuk kegiatan yang dapat membantu anak mengembangkan kemampuan berpikir kritis

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan PG-PAUD
Depositing User: GIAN FITRI
Date Deposited: 20 Nov 2020 01:21
Last Modified: 09 Aug 2021 03:58
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/26385

Actions (login required)

View Item View Item