Ayuni, Qorri and Noer, Sri Hastuti and Rosidin, Undang (2020) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika.

[img]
Preview
Text
aksioma Qory (1).pdf

Download (398kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan produk berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis problem based learning yang valid dan efektif dalam meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa pada materi bentuk aljabar. Tahapan penelitian ini dimulai dari studi pendahuluan, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba lapangan awal, revisi hasil uji coba lapangan awal, dan uji coba lapangan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Al-Kautsar Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dan tes kemampuan representasi matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, desain pengembangan LKPD berbasis problem based learning memiliki kriteria valid. Kedua, rata-rata indeks gain kemampuan representasi matematis siswa yang menggunakan LKPD berbasis problem based learning lebih tinggi dari rata-rata indeks gain kemampuan representasi matematis siswa yang tidak menggunakan LKPD berbasis problem based learning, sehingga LKPD berbasis problem based learning efektif dalam dalam meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: SRI HASTUT
Date Deposited: 19 Nov 2020 12:25
Last Modified: 19 Nov 2020 12:25
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/26301

Actions (login required)

View Item View Item