prabowo, galuh catur wisnu Penggunaan Chem Sketch untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta didik. PROSIDING SEMINAR NASIONAL SAINS.
There is a more recent version of this item available. |
Text
Galuh CWP_Penggunaan Chem Sketch untuk Meningkatkan Moivasi Belajar Siswa_UNILA.docx Download (133kB) |
Abstract
Motivasi belajar yang rendah dapat menjadi penghambat pencapaian belajar peserta didik. Peserta didik SMP yang menggunakan kurikulum Cambridge dalam pembelajaran kimia dituntut untuk lebih dalam memahami konsep kimia. Penggunaan media pembelajaran yang sesuai dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik yang diharapkan nantinya akan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar kimia peserta didik kelas IX pada materi senyawa hidrokarbon menggunakan perangkat lunak Chem Sketch. Pengumpulan data menggunakan kuisioner yang diberikan sebelum dan setelah pembelajaran. Data analisis yang digunakan adalah paired t-test dan N-Gain untuk melihat seberapa efektif penggunaan Chem Sketch dalam pembelajaran kimia. Didapatkan hasil yang signifikan pada peningkatan motivasi belajar menggunakan Chem Sketch dengan nilai signifikasi 0.00 < 0.05 sedangkan hasil nilai rata-rata N-Gain menunjukkan kategori sedang sebesar 0.56. Disimpulkan bahwa penggunaan Chem Sketch dapat meningkatkan motivasi belajar dalam pembelajaran kimia pada materi senyawa hidrokarbon untuk peserta didik SMP.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Galuh Catur |
Date Deposited: | 19 Nov 2020 11:28 |
Last Modified: | 19 Nov 2020 11:28 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/26107 |
Available Versions of this Item
- Penggunaan Chem Sketch untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta didik. (deposited 19 Nov 2020 11:28) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |