Rudibyani, Ratu Betta and prabowo, galuh catur wisnu (2020) PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN LITERASI KIMIA DAN PENGUASAAN KONSEP MAHASISWA FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 9 (1). ISSN ISSN: 2302-1772
|
Text
Artikel Semnas 2020 Ratu Betta&Galuh Catur.pdf Download (704kB) | Preview |
Abstract
Abstrak: Pembelajaran berbasis masalah (PBM) merupakan proses pembelajaran yang titik awalnya berdasarkan masalah dalam kehidupan nyata, lalu dengan masalah ini mahasiswa dirangsang untuk mempelajari masalah berdasarkan pengetahuan dan pengalaman yang telah mereka miliki sebelumnya (prior knowledge) sehingga dari prior knowledge ini akan terbentuk pengetahuan dan pengalaman baru. Kemampuan literasi kimia merupakan salah satu kemampuan yang penting untuk dimiliki oleh mahasiswa sebagai calon pendidik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi kimia dan penguasaan konsep mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia melalui penerapan PBM pada materi Kimia Pemisahan Analitik. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan one group pretest-postest design. Sampel penelitian adalah mahasiswa semester lima yang mengambil mata kuliah Kimia Pemisahan Analitik (dua kelas), tahun Akademik 2018-2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PBM memiliki kepraktisan dan keefektivan yang sangat tinggi dalam meningkatkan literasi kimia dan penguasaan konsep mahasiswa. Peningkatan literasi kimia dan penguasaan konsep mahasiswa ditunjukkan dari rerata n-Gain setelah PBM yang berkategori sedang. Hasil perhitungan ukuran pengaruh menunjukkan bahwa 90% peningkatan literasi kimia dan penguasaan konsep mahasiswa pada materi kimia pemisahan analitik dipengaruhi oleh PBM
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Galuh Catur |
Date Deposited: | 19 Nov 2020 11:28 |
Last Modified: | 19 Nov 2020 11:28 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/26093 |
Actions (login required)
View Item |