Naufal Rafsanzani, Mar'i and Surbakti, Arwin and Sikumbang, Darlen Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Sikap Peduli Lingkungan. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 8 (1). pp. 36-45. ISSN 2621-5594

[img]
Preview
Text
20630-48479-1-PB.pdf

Download (182kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh model project based learning dalam meningkatkan hasil belajar kognitif dan sikap peduli lingkungan peserta didik. Metode penelitian quasi experiment dengan rancangan pretest postest non equivalent control group design. Sampel penelitian kelas VII 1 dan VII 2 SMP Negeri 2 Pesawaran. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik random sampling. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan model project based learning dapat meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik dengan rata-rata N-gain kelompok eksperimen lebih tinggi (0,33) dibanding kelompok kontrol (0,21). Selain itu, pengunaan model project based learningjuga dapat meningkatkan sikap peduli lingkungan secara signifikan dengan rata-rata kelompok eksperimen lebih tinggi (76,13) dibanding kelompok kontrol (69,30) sehingga kelompok eksperimen mendapatkan kriteria baik sedangkan kelompok kontrol mendapatkan kriteria cukup.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: ARWIN SURB
Date Deposited: 17 Nov 2020 05:38
Last Modified: 17 Nov 2020 05:38
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/25769

Actions (login required)

View Item View Item