meikasari, dewi and Rosilawati, Ila and Tania, Lisa (2020) Efektivitas Model Pembelajaran Guided Discovery pada Materi Kesetimbangan Kimia dalam Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 9 (2). pp. 66-80. ISSN ISSN: 2302-1772

[img]
Preview
Text
21005-49852-1-PB.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPK

Abstract

enelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran guided discovery pada materi kesetimbangan kimia dalam meningkatkan keterampilan komunikasi siswa. Metode dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan The Matching-Only Pretests-Postest Control Group Design. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling, diperoleh kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI MIA 5 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan uji perbedaan dua rata-rata dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa n-gain keterampilan komunikasi berkategori tinggi di kelas eksperimen dan berkategori sedang di kelas kontrol dengan perbedaan n-gain yang signifikan. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran guided discovery efektif dalam meningkatkan keterampilan komunikasi siswa pada materi kesetimbangan kimia. Kata kunci: model pembelajaran guided discovery, kesetimbangan kimia, keterampilan komunikasi.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: LISA TANIA
Date Deposited: 09 Nov 2020 09:01
Last Modified: 09 Nov 2020 09:01
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/24566

Actions (login required)

View Item View Item